alexametrics
Review Produk

Menguji Keandalan Smartphone Berkamera 48 MP Redmi Note 7

14 April 2019, 12:48:44 WIB

JawaPos.com – Redmi Note 7 melenggang di pasar Indonesia akhir bulan lalu. Kehadiran Redmi Note 7 di tanah air terpaut sekira tiga bulanan dari peluncurannya di pasar global, yakni Tiongkok.

Di Indonesia, smartphone dari sub-brand Xiaomi itu dijual dengan harga yang terbilang murah, yakni mulai Rp 1,9 jutaan. Banderol tersebut tampaknya untuk ‘melawan’ kompetitor mereka, Realme, yang juga merilis smartphone terbarunya mulai dengan harga Rp 1,7 jutaan.

Redmi Note 7 diketahui memiliki keunggulan kamera 48 MP dan desain yang mirip Realme 3. Hal tersebut tampaknya membuat Realme Indonesia ‘pusing’. Pasalnya, produk mereka dihadang Redmi Note 7 dengan tawaran harga yang mirip, namun disajikan beragam aspek performa yang terbilang unggul sedikit.

Soal Realme 3 sudah pernah kami ulas sebelumnya. Kini giliran Redmi Note 7 yang akan kami bahas lebih dalam. Sebelum melangkah lebih jauh dalam ulasan produk, JawaPos.com ingin mengingatkan sedikit soal peranglat Redmi Note 7 di Indonesia.

Urusan kantong, Redmi Note 7 di Indonesia dilepas dengan harga yang terbilang murah. Untuk varian RAM/ROM 3/32 GB dijual dengan harga Rp 1,999 juta, sedangkan banderol Rp 2,599 juta untuk varian RAM/ROM 4/64 GB. Redmi Note 7 tersedia dalam warna neptune blue, nebula red, dan space black. Semuanya mendapat sentuhan berkilauan.

Sementara perangkat yang kami jajal adalah varian RAM/ROM 4/64 GB dengan warna nebula red. Langsung saja, berikut ulasannya.

Kelengkapan

Redmi Note 7, Redmi Note 7 Review, Redmi Note 7 Spesifikasi
Kelengkapan Smartphone Redmi Note 7. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Seperti ulasan lain yang sudah-sudah, review produk smartphone akan kami mulai dari aspek kelengkapan produk. Pasalnya, menurut kami, yang terkadang bertindak juga sebagai konsumen, aspek kelengkapan bisa jadi urusan serius. Jika kelengkapan produk tersedia dan ditata dengan baik tentu akan menjadi nilai lebih bagi produsen dalam hal ini vendor smartphone.

Untuk aspek kelengkapan sendiri, Redmi Note 7 di Indonesia mendapat sentuhan desain boks berwarna putih cerah dipadu dengan sedikit warna oranye. Di bagian belakang boks penjualan ada beberapa informasi penting soal perangkat yang bersangkutan. Boks penjualannya cukup kuat dengan material karton yang cukup tebal.

Masuk lebih dalam, ketika membuka kotak penjualan di lapisan pertama akan langsung mendapati jelly case tambahan untuk perlindungan perangkat bersama dengan kitab-kitab pendukung dan kartu garansi. Barulah di lapisan kedua menjumpai perangkat Redmi Note 7. Kemudian di bagian bawahnya lagi, ada perangkat pendukung seperti kabel konektor daya dan transfer data Type-C, kepala charger, serta SIM Ejector.

Selain yang disebutkan di atas tidak ada lagi aksesori lainnya dalam kelengkapan penjualan Redmi Note 7 semisal earphone. Mungkin earphone terasa mahal bagi Xiaomi untuk diletakkan di paket penjualan perangkat seharga Rp 1,9 jutaan itu. Entahlah, namun itu bukan kali pertama. Sebab Xiaomi memang dikenal ‘seadanya’ untuk kelengkapan penjualan produk smartphone-nya.

Desain dan Layar

Beralih ke aspek selanjutnya adalah desain dan layar perangkat yang bersangkutan. Dari aspek desain dan layar, Redmi Note 7 merupakan perangkat ke sekian yang mengusung takik atau notch bergaya tetesan air atau waterdrop notch. Sebelumnya sudah ada Samsung dengan Galaxy M20, Honor 10 Lite, dan Realme 3.

Redmi Note 7 diklaim dilapisi dengan material kaca di bagian depan dan belakangnya. Vendor tempered glass yang ditunjuk adalah corning gorilla glass yang dipercaya memberikan perlindungan perangkat ini. Kendati diklaim dibuat dari material kaca, pada bagian belakangnya kami sedikit sangsi. Pasalnya, materialnya tetap terasa bak menggunakan polycarbonate yang diberikan sentuhan ala kaca seperti perangkat berkilauan murah yang banyak beredar.

Pada sisi depan, Redmi Note 7 hadir dengan kemampuan layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16 M colors berukuran 6,3 inci. Resolusinya sendiri adalah FHD Plus 1.080 x 2.340 piksel dengan aspek rasio 19,5:9 dan kerapatan 409 ppi. Mendukung kualitas ketahanan layar, seperti sudah kami singgung di atas, Corning Gorilla Glass 5 disertakan pada perangkat ini.

Redmi Note 7, Redmi Note 7 Review, Redmi Note 7 Spesifikasi
Smartphone Redmi Note 7 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Oh iya, bezel dari Redmi Note 7 juga terbilang tipis, yakni sekitar 81,4 persen screen to body fitment dengan dimensi keseluruhan 159,2 x 75,2 x 8,1 mm. Kendati sudah dilapisi dengan corning gorilla glass, tapi sebaiknya perangkat tetap dilapisi dengan anti gores atau pelindung benturan tambahan agar lebih aman. Pasalnya, perangkat nyatanya tak benar-benar kebal goresan.

Masih di bagian layar, pada area notch terdapat kamera selfie dan earpiece alias speaker untuk kebutuhan menelepon. Bergeser agak ke samping kanan, Redmi Note 7 di bagian atas layar dibekali lampu LED kecil. Bukan untuk selfie, lampu tersebut berfungsi sebagai isyarat notifikasi ketika ada pesan masuk dan kebutuhan lainnya.

Beralih ke bagian belakang, Redmi Note 7 di bagian punggungnya terdapat pengaturan dua kamera yang disusun secara vertikal dan lampu LED flash di bagian bawah kameranya. Kameranya dibuat menonjol atau sedikit keluar dari area punggung. Fungsinya mungkin untuk mengurangi gesekan perangkat dengan benda-benda keras yang memungkinkan kameranya tergores. Tapi hal itu membuat perangkat menjadi lebih tebal.

Masih di bagian belakang, tepatnya di bawah agak ke tengah terdapat bulatan yang sewarna dengan perangkat untuk fungsi pemindai sidik jari. Di bagian bawahnya tertulis Redmi by Xiaomi sebagai identitas sekaligus penanda bahwa Redmi kini telah berpisah dari lini produk Xiaomi sebagai merek mandiri.

Masih dari aspek desain, Redmi Note 7 cukup nyaman digenggam. Namun dengan perangkat yang terlahir dengan layar 6 inci lebih dan masuk ke dalam kategori phablet, penggunaan dengan satu tangan pada perangkat ini terasa agak repot. Sayang, karena bagian belakangnya berkilauan, perangkat ini jadi mudah kotor. Selain itu, di area yang berbatasan antara layar dan tubuh smartphone, Redmi Note 7 juga terasa sedikit tajam dengan desain yang agak bulky alias gemuk.

Redmi Note 7 pada sisi kiri tidak terdapat tombol apa pun. Terkesan polos dengan hanya terdapat satu slot tempat dual SIM card dan MicroSD. Slot MicroSD-nya pun masih merupakan slot hybrid dan bukan dedicated slot yang bisa menelan dua kartu SIM dan MicroSD sekaligus.

Sementara di sisi kanan terdapat tombol pengaturan volume ‘up–down’ dan tombol power atau pembuka kunci. Sedangkan di sisi atas terdapat slot jack headphone berdiameter 3,5 milimeter dan bulatan sensor IR Blaster atau infra red yang bisa digunakan sebagai remote control untuk TV, AC, dan perangkat lainnya. Pada bodi bawah hanya terdapat lubang USB Type-C di tengah serta didampingi lubang speaker di kanan dan kirinya.

Over all, Redmi Note 7 dari aspek desain dan layar boleh lah kami beri acungan jempol. Pengalaman ketika menggunakan smartphone ini di bawah terpaan sinar matahari langsung, layarnya bisa tampil dengan baik. Namun agar lebih maksimal tentu harus mengatur tingkat kecerahan alias brightness ke mode penuh atau maksimal. Namun sayang, kamu dengan tangan kecil akan kesulitan menggenggam perangkat ini dengan satu tangan.

Interaksi di dalam layar juga terbilang baik. Cukup responsif ditambah dengan pengalaman sentuh yang halus. Pada bagian depannya tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol Home, Recent Apps, dan Back, tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual. Dari aspek desain dan layar, Redmi Note 7 cukup mengesankan. Lumayan untuk perangkat Rp 2 jutaan.

Redmi Note 7, Redmi Note 7 Review, Redmi Note 7 Spesifikasi
Smartphone Redmi Note 7. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Performa

Usai dari aspek kelengkapan produk, desain, dan layar, sampailah pada aspek penting lainnya, yakni sektor performa. Dari sektor performa, Redmi Note 7 mengusung chipset Octa-core Qualcomm Snapdragon 660 artificial intelligence engine (AIE) dengan fabrikasi 14 nm berkemampuan maksimum 2,2 GHz.

Chip ini memang bukan keluaran terbaru. Hampir setengah tahun lalu, prosesor yang sama hadir perangkat Android One Xiaomi yakni Mi A2. Meski bukan yang terbaru, namun jika dibandingkan dengan Redmi Note 6 Pro yang hadir di Indonesia tahun lalu, perangkat Redmi Note 7 terbilang membawa peningkatan. Sebab, Redmi Note 6 Pro hanya tersemat Snapdragon 636.

Chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE kabarnya didukung komponen flagship yang membuat fitur kamera smartphone dapat mengambil gambar low-light dan efisiensi penggunaan baterai yang lebih baik. Lainnya dari aspek jeroan, ada pengolah grafis atau GPU Adreno 512 dan kombinasi RAM dan ROM yang terbilang lengkap, seperti sudah kami beberkan di atas.

Ruang simpannya bisa diekspansi dengan MicroSD hingga 256 GB. Terbilang kecil memang, tapi bagi kamu yang akrab dengan komputasi dan penyimpanan berbasis awan, hal tersebut bukanlah masalah lewat memori konvensional yang terbatas.

Dengan hadirnya chip tersebut, Redmi Note 7 seharusnya sudah mampu melibas kebutuhan pengguna harian tanpa hambatan. Sebut saja multitasking dengan banyak aplikasi, kebutuhan entertainment dengan kamera foto dan video, serta memberikan pengalaman gaming tanpa hambatan, seperti 3D gaming. Untuk sistem operasinya, Redmi Note 7 secara default terlahir dengan sistem Android dengan versi 9 (Pie) dipadu dengan user interface (UI) MIUI 10.2 stable version.

Untuk performa selain menggunakannya sehari-hari, seperti biasa kami menyimulasikan dalam uji benchmark dengan aplikasi benchmark sintetis. Meski tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari, uji benchmark lewat aplikasi populer juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

Redmi Note 7, Redmi Note 7 Review, Redmi Note 7 benchmark
Skor benchmark redmi note 7. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, Redm Note 7 mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 137699. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Redmi Note 7 berhasil membukukan skor 6264.

Untuk hardware dan performa, seperti sudah kami jabarkan di atas, perangkat ini memang tak hadir dengan jeroan teranyar. Hal tersebut mungkin dilakukan untuk menekan harga tetap murah. Namun begitu, performanya tetap boleh diacungi jempol dan lumayan untuk harga yang dibawanya.

Gaming

Setelah performa, aspek pengujian selanjutnya adalah kebutuhan gaming. Gaming saat ini juga penting bagi konsumen. Bagi mereka yang gemar bermain game, smartphone dengan kemampuan tersebut kini banyak diminati. Apalagi saat ini banyak vendor smartphone menyematkan embel-embel smartphone gaming pada perangkat dagangannya. Berbekal spesifikasi yang kami beberkan di atas, Redmi Note 7 harusnya capable untuk diajak bermain game. Sekali pun dengan ukuran dan kebutuhan grafis yang berat.

Bicara kebutuhan gaming, perangkat ini kami uji untuk memainkan beberapa game secara simultan. Game pertama adalah game First Person Shooter (FPS) populer PlayerUnknown’s Battlegrounds versi mobile atau PUBG Mobile dengan aliran RPG. Siapa tak kenal game PUBG Mobile saat ini? Mengatasi kebutuhan tembak menembak, berlari, mengendarai kendaraan lari dari kejaran musuh, handset Redmi Note 7 mampu mengatasinya tanpa kendala.

Sayangnya, ketika memulai game untuk kali pertama, setting grafis langsung otomatis menyesuaikan di mode ‘medium’. Performa gaming-nya halus, rendering lancar tanpa kesan patah-patah, dan buntutnya kami bisa memenangkan permainan hingga ‘Winner-winner Chicken Dinner’. Ketika perangkat kami paksa dengan setting grafis di mode ‘high’, Redmi Note 7 cukup terasa gelagapan. Kesan patah-patah dan lag cukup terasa. Tak bisa dipaksakan memang.

Beralih ke game lain, ada game racing Garena Speed Drifters. Sama seperti PUBG Mobile, setting grafisnya juga otomatis menyesuaikan di mode ‘medium’. Pada game ini, meski hanya di mode ‘medium’, perangkat ini sudah bisa menampilkan grafis cukup memukau dengan padanan warna yang pas. Game lainnya seperti aksi ngebut di jalan raya dengan Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits juga kami jajal. Di game tersebut kami hampir tak menemui kendala. Respons layar dan performa berjalan baik dengan sedikit gejala lag.

Baterai

Sampai kepada urusan lain, yaitu urusan daya. Redmi Note 7 hadir dengan baterai yang terbilang besar yakni 4.000 mAh. Belum sampai 5.000 mAh memang seperti perangkat lain dari kompetitor di harga yang sama. Sebut saja Samsung Galaxy M20 dan dan Asus Zenfone Max Pro M2.

Dengan baterainya yang tergolong besar, Redmi Note 7 sanggup bertahan hingga seharian penuh bahkan lebih pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Namun jika digunakan full untuk bekerja, menjalankan banyak aplikasi chatting, sosial media, tethering hotspot, bermain game, menonton video, dan mendengar musik, Redmi Note 7 hanya sanggup bertahan dari pagi sampai sore. Jika dihitung dengan aktivitas jam-jaman, handset Redmi Note 7 mampu bertahan dalam penggunaan intensif dari pukul 9 pagi sampai dengan jam 7 malam.

Baterai Li-Po 4.000 mAh pada Redmi Note 7 juga sudah dilengkapi pengisian cepat atau fast charging 9V/2A 18W (Quick Charge 4). Jadi, perangkat tak membutuhkan banyak waktu untuk mengisi daya dari habis sampai penuh. Catatan kami, baterainya dari nol persen hingga 100 persen sanggup terisi dalam waktu sekira dua jam lebih.

Kamera

Redmi Note 7, Redmi Note 7 Review, Redmi Note 7 Spesifikasi
Desain belakang smartphone Redmi Note 7. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Beralih ke aspek yang menjadi nilai jual utama yaitu kamera. Redmi Note 7 boleh dikatakan saat ini menyandang status sebagai perangkat smartphone termurah yang membawa resolusi kamera sedemikian besar, yakni 48 MP.

Untuk penembak utamanya, Redmi Note 7 dibekali dengan dual camera set-up berukuran 48 MP (f/1.8) 0,8 mikron PDAF dan 5 MP (f/2.4) depth sensor. Beberapa fitur kunci kamera utamanya, antara lain, dual-LED flash, HDR, panorama, serta perekaman video 1080p pada 30 fps, 60 fps, dan 120 fps dengan Electronic Image Stabilization (EIS). Sementara untuk kamera depan ada penembak berukuran 13 MP.

Kamera 48 MP didukung 0,8 mikron-pixel Samsung GM1 dengan sensor CMOS terang di bagian belakang yang memiliki 48 juta piksel fisik. Kamera tersebut menawarkan resolusi yang sangat tinggi untuk hasil detail yang mumpuni. Ketika mengambil gambar, sensor menggunakan teknologi Tetracell dari Samsung yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar 1,6 mikron.

Hasil akhir atau output-nya sendiri adalah satu gambar berukuran 48 MP. Dengan begitu, kamera dapat meningkatkan sensitivitas cahaya dan membuat hasil menjadi lebih terang dan jelas, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Untuk memaksimalkan pengalaman fotografi, Redmi Note 7 juga telah disediakan fitur night mode yang belakangan memang banyak dibawa para vendor smartphone untuk kebutuhan fotografi malam hari. Fitur ini memungkinkan pengguna mengambil foto HDR saat malam hari dengan jernih meskipun kondisi minim cahaya.

Kamera belakang Redmi Note 7 juga memiliki fitur AI scene detection yang dapat mengenal 27 kategori suasana berbeda. Fitur ini akan memudahkan pengguna menciptakan hasil gambar memukau dan cerah untuk setiap suasana yang beragam tanpa perlu banyak mengedit foto. Sementara untuk kamera depan didukung sensor 13 MP. Kamera juga dilengkapi dengan fitur AI terbaru, seperti AI scene detection, AI beautify, dan AI portraits yang memungkinkan kemudahan bagi pengguna saat mengambil gambar.

Antarmuka kamera Redmi Note 7 juga cukup mudah digunakan. Beberapa mode dapat ditemukan di bagian bawah, seperti short video, video, photo, portrait, night, square, panorama, dan pro untuk kamera utamanya. Sementara pada bagian atas layar dalam orientasi gambar portrait, mode seperti HDR, AI, filter, dan lainnya dapat pula digunakan untuk kebutuhan mengambil foto. Pada kamera depan mode dan fiturnya kurang lebih sama seperti halnya kamera belakang.

Dari aspek kamera, hasil jepretan Redmi Note 7 terbilang bagus. Kualitas bidik tergolong apik, baik di dalam maupun di luar ruangan. Foto tersaji cukup detail dan tajam dengan pancaran warna yang juga terbilang cukup natural dan tidak lebay alias berlebihan.

Adapun bila digunakan pada ruang dengan kondisi cahaya minim, hasil bidik juga tak terlalu mengecewakan. Ini jelas, pasalnya kamera ini memiliki night mode yang memang membantu untuk kebutuhan foto malam hari. Namun tetap, hasil bidikan foto malam hasilnya tak sebaik pengambilan foto pada kondisi cahaya yang cukup terang. Sayangnya lagi, Redmi Note 7 belum dibekali dengan kemampuan perekaman video 4K atau UHD dan mentok pada resolusi FHD 30 fps saja.

Sementara untuk kamera depan, hasil bidiknya bagi yang gemar selfie, smartphone ini juga cukup bisa diandalkan dengan kamera berukuran 13 MP-nya. Hasil foto tersaji dengan cukup detail, jernih, dan natural jika tidak menggunakan mode beautify atau beauty mode. Seperti halnya smartphone kekinian lainnya, beauty mode pada aspek kamera selfie-nya membuat kulit pengguna menjadi semakin kinclong. Namun sayangnya, untuk kamera selfie, hasilnya dalam beberapa kasus pemotretan cenderung menghasilkan gambar yang pucat.

Kesimpulan

Sampai kepada aspek kesimpulan. Redmi Note 7 dari aspek performa, desain, apalagi kamera, dan harganya memang menggoda. Semuanya dikemas dengan baik dalam padanan harga yang murah. Keseluruhan penggunaan aplikasi kebutuhan user bisa ditangani dengan baik oleh perangkat ini. Main game juga oke walaupun tidak boleh diharapkan terlalu tinggi. Ditambah lagi baterai yang dibawanya yang bolehlah disebut besar dengan 4.000 mAh. Perangkat ini cukup nyaman untuk mengawal kebutuhan harian.

Namun perlu dicatat, dengan harga, spesifikasi, dan keunggulan kamera yang digadang-gadang paling mumpuni di kelasnya membuat Redmi Note 7 banyak diserbu calon pembeli. Apalagi para Mi Fans (Fans Xiaomi). Dengan demikian, jika tidak diimbangi dengan stok yang cukup atau Xiaomi memang sengaja menahan perangkat ini agar langka dan dicari pembeli untuk menciptakan hype yang tinggi, kamu masih harus bersabar untuk dapat memiliki perangkat ini.

Hal tersebut merujuk pada yang sudah-sudah. Smartphone murah Xiaomi kerap langka di pasaran. Apalagi yang menggendong spesifikasi yang cukup mumpuni dengan harga yang murah. Saking langkanya, smartphone Xiaomi sampai-sampai dijuluki sebagai smartphone gaib karena sudah diluncurkan tetapi tidak ada di pasaran. Ini catatan penting bagi Xiaomi untuk Redmi Note 7-nya. Bagus, murah, tapi kalau langka dan sulit dicari buat apa.

Berikut ini hasil jepretan dengan kamera Redmi Note 7:

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto