JawaPos Radar

Maju Nyapres, Prabowo Diminta Pakai Slogan 'Wis Wayahe' Khofifah

07/09/2018, 23:25 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
Bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat mengikuti tes kesehatan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Slogan 'Wis Wayahe' sangat populer sejak Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur lalu. Slogan itu cukup melekat dengan Khofifah Indar Parawansa selaku penantang Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Dari slogan 'Wis Wayahe' itulah Khofifah berhasil memenangkan pertarungan setelah kalah berturut-turut pada dua kali Pilgub sebelumnya.

Kini, slogan 'Wis Wayahe' itu kembali muncul ke permukaan. Kali ini, calon presiden Prabowo Subianto disarankan agar menggunakan slogan itu dalam setiap sosialisasi. Saran itu pertama kali dilontarkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, KH. Hasib Wahab Chasbullah saat menerima kunjungan Prabowo Kamis, (6/9) kemarin.

Menurut pengamat politik, Surokim Abdussalam, saran yang diberikan putra pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH. Wahab Chasbullah itu cukup masuk akal. Jika itu dilakukan oleh Prabowo, maka tidak menutup kemungkinan akan kecipratan Coattail Effect dari sosok Khofifah.

"Jika Pak Prabowo jadi menggunakan slogan Wes Wayahe di Jatim, maka perpanjangan coattail effect kemenangan Bu Khofifah akan bisa diambil," ujar Surokim kepada JawaPos.com, Jumat (7/9).

Peneliti dari Surabaya Survey Center (SSC), menambahkan, slogan 'Wis Wayahe' atau berarti sudah saatnya itu cukup menggambarkan sosok Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno. Pasalnya, Pilpres 2019 mendatang merupakan kali ketiga Ketua Umum Partai Gerindra itu berlaga.

Kondisi tersebut sama persis dengan Khofifah yang pernah kalah dalam Pilgub Jatim sebelumnya. Menurut, Surokim, slogan 'Wis Wayahe' itu sudah terekam dalam kepala masyarakat Jawa Timur. Sehingga, jual slogan itu kembali dipopulerkan, maka masyarakat akan mudah mengingat sosok Prabowo 

"Apalagi momentum slogan itu juga pas untuk dipakai calon penantang," pungkasnya.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up