JawaPos Radar

Bersaing dengan Tiongkok, Industri Tekstil Menjadi Andalan Ekspor

05/09/2018, 17:15 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita
SAMBUTAN: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita saat memberikan sambutan di acara dialog nasional yang diselenggarakan API di Solo, Rabu (5/9). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mengadakan dialog nasional di Solo, Rabu (5/9). Salah satu yang menjadi pembahasan adalah optimalisasi pemasaran produk tekstil Indonesia serta strategi yang perlu dilakukan. 

Ketua Umum API, Ade Sudrajat mengungkapkan, bahwa dialog yang diadakan di Damond Hall Restoran, Solo ini adalah untuk membahas mengenai strategi yang tepat dalam rangka meningkatkan produk industri tekstil dan produk tekstil (TPT).

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan mengingat TAPI menjadi salah satu industri manufaktur nasional yang strategis dalam perekonomian Indonesia. 

"Ini juga mempunyai kontribusi terhadap dua kepentingan nasional, seperti bidang sosial dan juga di bidang ekonomi," urainya di sela kegiatan.

Ade menambahkan, untuk bidang sosial, bahwa industri TPT ini bisa membuka lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja. Sedangkan untuk bidang ekonomi, bahwa TPT bisa menghasilkan net devisa ekspor yang cukup besar. 

Ade merinci bahwa, pendapatan ekspor devisa dari industri tekstil mencapai lebih dari USD 3 miliar dalam setiap tahunnya. Dan di akhir 2014 tercatat, industri tekstil berhasil menyumbang sampai USD 12,54 miliar.

"Dan ini berpotensi meningkat menjadi US 20 miliar. Dan tekstil ini menduduki peringkat ketiga devisa setelah sektor pariwisata USD 20 miliar dan sektor industri sawit mencapai USD 22,9 miliar," urainya. 

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita yang turut hadir dalam Dialog nasional tersebut mengatakan, bahwa pihaknya berupaya penuh untuk terus mendukung industri tekstil di tanah air. Bahkan, jika ada perusahaan tekstil di Indonesia yang kesulitan untuk mendapatkan bahan bakunya, pihaknya berusaha untuk memberikan solusi.

"Industri TPT ini menjadi andalan, terutama untuk ekspor. Pertumbuhan ekspor TPT sangat menggembirakan dan bahkan sudah bisa bersaing, dengan Tiongkok," ungkapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up