JawaPos Radar

Nekat, Polresta Solo Ancam Bubarkan Jalan Sehat 'Neno Warisman'

04/09/2018, 15:04 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Jalan Sehat Neno Warisman
Spanduk penolakan Jalan Sehat di Kota Solo yang terpasang di Jalan Pahlawan. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Polresta Solo akan mengambil tindakan tegas jika panitia jalan sehat yang akan menghadirkan Neno Warisman dan Ahmad Dhani tetap menyelenggarakan kegiatan tersebut pada Minggu (9/9) mendatang. Pasalnya Polresta Solo sudah tidak memberikan izin atas kegiatan itu karena dinilai rawan gesekan dan berpotensi mengganggu kondusifitas kota Solo. 

"Kalau nekat (melaksanakan kegiatan) jelas kami akan lakukan tindakan tegas, yakni membubarkannya," tegas Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai kepada JawaPos.com, Selasa (4/9).

Ditanya terkait lokasi alternatif lain yang mungkin bisa digunakan untuk kegiatan tersebut, Andy mengatakan, selama ini panitia juga tidak menyiapkan lokasi alternatif. Sehingga, otomatis kegiatan jalan sehat tidak bisa digelar di Solo. 

Jalan Sehat Neno Warisman
Polisi akhirnya membubarkan paksa massa yang menjemput Neno Warisman di Bandara SSK II Pekanbaru, Riau, baru-baru ini. (Virda Elisya/JawaPos.com)

Pembubaran yang akan dilakukan oleh jajaran Polresta Solo juga mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2017 yakni, kegiatan keramaian yang menghadirkan ribuan orang yang berpotensi mengganggu lalu lintas, persoalan parkir dan gangguan keamanan harus mengantongi izin dari kepolisian. Sedangkan kegiatan yang akan mendatangkan Neno Warisman dan Ahmad Dhani jelas tidak mengantongi izin. 

Sedangkan selama ini izin yang panitia untuk menyampaikan pendapat di muka umum sesuai dengan Undang Undang nomor 9 tahun 1998 masih belum cukup. "Apalagi nanti di lapangan kota barat juga ada kegiatan dari Pemkot Solo yakni Porwaso, dan ini rawan gesekan," ucapnya. 

Ancaman pembubaran kegiatan jalan sehat tidak hanya dilakukan oleh kepolisian, tetapi sekelompok masyarakat yang menamakan diri Masyarakat Cinta Surakarta juga mengancam akan membubarkan kegiatan tersebut.

Pasalnya, kegiatan yang rencananya akan diadakan di lapangan kota barat itu membuat kondisi kota Solo menjadi tidak nyaman. Hal ini karena, jalan sehat dalam rangka Haornas sudah dipolitisasi. 

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up