JawaPos Radar

Ini Spesifikasi Samsung Galaxy A9 Terbaru, Harganya 11 Jutaan?

12/10/2018, 10:34 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Samsung Galaxy A9, Samsung Galaxy A9 spesifikasi, Samsung Galaxy A9 harga
Samsung Galaxy A9. (Samsung)
Share this image

JawaPos.com – Samsung membuat gebrakan pasar smartphone dunia. Pasalnya, vendor yang belakangan acap diejek kompetitor ini telah membuktikan bahwa mereka bisa membuat inovasi yang bukan sekadar guyonan semata. Ya, Samsung Galaxy A9 yang meluncur dalam sebuah acara di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (11/10) sore.

Acara tersebut sejatinya menjadi momen peluncuran Galaxy A7 yang hadir dengan tiga kamera utama. Namun, pabrikan Korea Selatan (Korsel) itu rupanya juga meluncurkan Samsung Galaxy A9 terbaru yang tampil dengan empat kamera belakang sekaligus.

Untuk Samsung Galaxy A9 sendiri agaknya sudah menjadi topik terhangat belakangan ini. Apalagi kalau bukan karena inovasinya yang terbilang berani. Selain empat buah kamera di bagian belakang ditambah satu buah kamera selfie berukuran besar di depan, Samsung Galaxy A9 juga menarik dari sisi jeroannya. Pun dengan baterainya yang cukup besar.

Samsung Galaxy A9, Samsung Galaxy A9 spesifikasi, Samsung Galaxy A9 harga
Samsung Galaxy A9 jadi smartphone pertama di dunia dengan empat kamera belakang. (AndroidCentral)

Dari segi spesifikasi, Samsung Galaxy A9 dilepas dengan jeroan bikinan Qualcomm, yakni Snapdragon 660. Jeroannya pas dengan segmen market yang dituju Samsung, yaitu kelas menengah ke atas. Soal kemampuan, prosesor Octa-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260)-nya jelas sanggup berjalan cepat. Bersanding dengan chipsetnya, ada pengolah grafis (GPU) Adreno 512 yang bertugas mengolah performa visualnya.

Selain mesin yang terbilang cukup wah, smartphone empat kamera belakang ini juga dijejali dengan ruang simpan yang terbilang lega. Pilihan RAM-nya saja yang terkecil hanya 6 GB, sementara yang tertinggi ada 8 GB.

Untuk penyimpanan internal atau ROM-nya, hanya tersedia varian 128 GB saja. Itu sudah cukup? Jika belum, pengguna nantinya masih bisa mengekspansi ruang simpannya dengan MicroSD hingga 512 GB.

Samsung Galaxy A9 mengusung layar berbentang 6,3 inci dengan panel Super AMOLED. Resolusinya FullHD Plus atau 1.080x2.220 piksel. Jika diukur secara diagonal, layar Samsung Galaxy A9 lebih lega 0,3 inci ketimbang adiknya Galaxy A7 yang diungkap di acara yang sama.

Masih di area layar, Samsung Galaxy A9 memiliki 80,5 persen screen-to-body ratio aspek rasio 18,5:9. Samsung Galaxy A9 memiliki ketebalan 7,8 mm dengan panjang 162,5 mm dan lebar 77 mm, sementara beratnya hanya 183 gram.

Menyoal kamera, seperti yang sudah sempat kami sebut dalam pemberitaan sebelumnya, ada empat buah kamera utama pada bagian belakang. Keempat kameranya terletak di sebelah kiri atas dengan posisi vertikal.

Masing-masing kameranya memiliki kemampuan lensa utama 24 MP (f/1.7), lensa telephoto 10 MP, 2x optical zoom (f/2.4), lensa ultra wide 8 MP (f/2.4) dengan jangkauan sudut pandang 120 derajat, dan lensa kedalaman gambar alias depth 5 MP (f/2.2) live focus. Tak ketinggalan ada sebuah kamera selfie di bagian depan dengan kemampuan 24 MP (f/2.0).

Samsung Galaxy A9 untuk sensornya terbilang lengkap. Sebab, smartphone ini telah mendukung sensor mulai accelerometer, gyro, geomagnetic, hall, proximity, RGB light, hingga fingerprint. Smartphone ini juga telah dibekali NFC seperti seri A pendahulunya untuk kebutuhan transaksi keuangan kekinian. Lainnya ada juga konektivitas termasuk Bluetooth dan USB Type-C.

Saat diperkenalkan, Samsung Galaxy A9 berjalan dengan sistem operasi Android Oreo 8.0. Untuk kebutuhan keseluruhan, Samsung Galaxy A9 ditenagai baterai berkapasitas 3.800 mAh dengan kemampuan pengisian cepat.

Samsung Galaxy A9 disebut siap dipasarkan November mendatang. Namun urusan kocek, Samsung sayangnya belum mengungkap berapa harganya untuk memboyong smartphone empat kamera tersebut. Kendati begitu, sebagai gambaran, harga Samsung Galaxy A9 sudah terungkap di pasar Inggris. Di sana Galaxy A9 empat kamera belakang dilego dengan harga GBP 549 atau sekitar Rp 11 jutaan.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up