JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy M20, Terobosan Baru yang Menawan

12 Februari 2019, 17:29:54 WIB
Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M20 harga, Samsung Galaxy M20 Indonesia
Samsung Galaxy M20 (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Samsung resmi menghadirkan line-up smartphone terbarunya, Galaxy M20, di Indonesia. Dengan harga Rp 2,7 jutaan, perangkat tersebut bisa didapatkan mulai 14 Februari 2019 mendatang.

Samsung Galaxy M20 seperti pemberitaan kami yang sudah-sudah, handset tersebut merupakan terobosan baru Samsung yang kini mulai ikut bermain dengan smartphone yang menggunakan notch atau takik di layarnya. Sebelumnya Samsung tidak melakukan itu dan memilih menggunakan layar penuh konvensional saja.

Kehadiran Samsung Galaxy M Series mulanya terjadi di India. Negeri Gangga itu dipilih sebagai tempat pertama Samsung melahirkan Galaxy M Series agaknya karena satu tujuan. Yakni memutar balik keadaan Samsung yang kalah dari Xiaomi. Perangkat Samsung Galaxy M sendiri merupakan perangkat ekonomis. Meski murah, desain dan spesifikasi yang ditawarkan pun tak lagi seperti perangkat ekonomis Samsung terdahulu yang terkesan abai terhadap dua faktor tadi. Desain dan jeroan.

Menyoal Samsung Galaxy M20, JawaPos.com berkesempatan menjadi yang pertama merasakan perangkat tersebut di Indonesia. Kesan yang kami dapat pun beragam. Berikut pengalaman JawaPos.com menjajal Samsung Galaxy M20 di Indonesia.

Desain

Kita mulai dari aspek desain. Ada kesan yeng berbeda ketika pertama kali melihat kemudian menggenggam Samsung Galaxy M20. Ibaratnya 'Samsung yang dulu bukan yang sekarang'. Dari aspek desain, Samsung Galaxy M20 terkesan mewah. Layar penuh dengan casing belakang mengkilap nan berkilauan.

Samsung Galaxy M20 mengusung material polycarbonate untuk bahan bodinya. Material polycarbonate sendiri umum digunakan perangkat smartphone dengan kelas middle-low untuk mengejar harga murah, namun tampilannya tetap wah.

Di bagian depan ada layar penuh dengan desain Invinity-V berukuran 6,3 inci dengan bezel tipis bermaterial PLS TFT FullHD+. Wallpaper bawaannya berwarna cerah. Sangat pas dengan terobosan yang dibawa Samsung untuk perangkat murah terbarunya itu.

Beralih ke bagian belakang, ada dua buah kamera utama disusun secara vertikal. Seperti sudah dijelaskan di atas, bagian belakangnya mengkilap. Di tengahnya ada pemindai sidik jari sebagai fitur keamanan.

Masih dari aspek desain, Samsung Galaxy M20 kami berani katakan nyaman digenggam. Ukurannya tak terlampau besar. Penggunaan dengan satu tangan juga masih bisa di-handle dengan baik. Sayang, karena bagian belakangnya berkilauan, perangkat ini jadi mudah kotor.

Kelengkapan Pembelian

Dari segi kemasan dan kelengkapan pembelian, Samsung Galaxy M20 melenggang dengan boks berwarna putih. Di bagian depannya langsung terpampang wujud smartphone dengan tulisan 'M20'. Sementara pada bagian belakang terdapat informasi singkat soal handset tersebut.

Paket pembelian Samsung Galaxy M20 terbilang standar. Ketika boks dibuka, di dalamnya ada perangkat pengisian daya cepat dengan USB Type-C, headset, SIM ejector, dan smartphone itu sendiri yang juga disertakan dengan beberapa 'kitab-kitab' penunjang. Hal lain seperti anti gores dan case pelindung tambahan tidak disertakan dalam paket pembelian.

Performa dan Spesifikasi

Dari aspek performa dan spesifikasi, kami baru bisa menyajikannya sesuai informasi yang tertera di atas kertas saja. Sebab, kami belum melakukan uji performa perangkat lebih jauh dan akan kami bahas di kemudian hari.

Samsung Galaxy M20 ditenagai oleh spesifikasi yang cukup mumpuni untuk sebuah smartphone kelas menengah ke bawah saat ini. Handset ini dibekali jantung utama alias prosesor Octa-core 1,8 GHz Exynos 7904 yang disandinkan dengan GPU Mali G71 MP2. Penyimpanannya, Samsung Galaxy M20 membawa RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

Dapur pacu tersebut diklaim mampu menopang seluruh proses yang berjalan di atas sistem operasi Samsung Experience 9.5 berbasis Android Oreo. Ya, masih Oreo. Untuk update ke Android Pie, diperkirakan Galaxy M20 akan mulai tersedia Agustus mendatang.

Selain desain yang lebih kekinian, salah satu keunggulan Samsung Galaxy M20 adalah sektor baterai. Baterainya besar, yakni 5.000 mAh. Samsung mengklaim dengan baterai sebesar itu, Galaxy M20 bisa bertahan seharian. Seperti digunakan untuk talk time sampai 28 jam, untuk memutar video hingga 17 jam, dan musik sampai 100 jam. Pengecasannya pun diklaim cepat, dari nol sampai 100 persen disebut membutuhkan waktu 140 menit.

Kamera

Terkahir, untuk pengalaman menjajal Galaxy M20 adalah kameranya. Samsung Galaxy M20 membawa kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 13 MP aperture f/1.9 (clear & bright) dan 5 MP (f/2.2) sebagai lensa ultra-wide.

Berbagai fitur disematkan di kamera Samsung Galaxy M20. Di antaranya adalah live focus, sticker, mode pro, sampai mode beautify. Hasil kameranya juga cukup bagus untuk sekelas smartphone menengah ke bawah karena detail dan ketepatan warnanya cukup tajam dan berkualitas baik.

Sementara kamera depan beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0. Ada sejumlah fitur di kamera depannya, yakni live focus sampai mode sticker yang memungkinkan pengguna menempelkan berbagai stiker lucu pada foto selfie-nya.

Untuk pengalaman kamera, di akhir artikel ini JawaPos.com tampilkan hasil jepretan kamera depan dan belakangnya dalam beragam pemotretan.

Kesimpulan

Sampai kepada tahap kesimpulan pengalaman menjajal Samsung Galaxy M20 di Indonesia. Berdasarkan pengalaman singkat kami, perangkat ini harusnya bisa bersaing dengan vendor-vendor Tiongkok yang mendominasi pasar Indonesia di kelas menengah ke bawah saat ini.

Hal tersebut mengacu pada aspek harga, tawaran desain, dan spesifikasi tentunya. Samsung Galaxy M20 agaknya bisa menjadi alternatif konsumen smartphone di Indonesia yang ingin mencari pilihan lain selain produk smartphone murah dari Tiongkok.

Berikut hasil jepretan kamera Samsung Galaxy M20:

Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M20 kamera, Samsung Galaxy M20 foto
Hasil kamera utama Samsung Galaxy M20. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M20 kamera, Samsung Galaxy M20 foto
Hasil kamera utama Samsung Galaxy M20. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M20 kamera, Samsung Galaxy M20 foto
Hasil kamera utama Samsung Galaxy M20. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M20 kamera, Samsung Galaxy M20 foto
Hasil kamera selfie Samsung Galaxy M20. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M20 kamera, Samsung Galaxy M20 foto
Hasil kamera utama Samsung Galaxy M20. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up