alexametrics

Piala Dunia dan Piala Asia Gagal, Timnas U-19 Hanya Fokus ke SEA Games

18 Januari 2021, 15:43:08 WIB

JawaPos.comTraining camp (TC) timnas U-19 di Spanyol sepertinya hanya jadi sarana ’’liburan’’.

Sebab, selain harus pulang lebih cepat dari yang dijadwalkan, keinginan PSSI agar hasil latihan di Spanyol bisa digunakan untuk ajang Piala Asia U-19 gagal total. Pasalnya, ajang tersebut resmi ditunda oleh AFC.

Hal itu diputuskan pada jumat malam (15/1). Piala Asia U-19 yang seharusnya dihelat di Bahrain pada 3–20 Maret mendatang dibatalkan. Ajang tersebut dijadwal ulang pada 2023 dengan nama Piala Asia U-20.

Baca Juga: Gagal Maksimal di Spanyol, Malam Ini Timnas U-19 Pulang ke Indonesia

Kabar itu tentu membuat PSSI kecewa. Sebab, rangkaian persiapan sudah dihelat. Apalagi, kontrak dari pelatih timnas Shin Tae-yong hanya menyisakan dua tahun.

Lantas, bagaimana nasib skuad timnas U-19? Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi menegaskan, tidak ada yang sia-sia dalam TC di Spanyol. Menurut dia, apa yang sudah didapat para pemain sangatlah berguna bagi masa depan timnas senior.

Apalagi, David Maulana dkk bisa diorbitkan untuk bermain di SEA Games 2021 akhir tahun nanti. Shin Tae-yong pun tidak menampik hal tersebut. Menurut dia, dari sisi kualitas, para pemain bisa dimainkan di SEA Games 2021.

Namun, di luar itu, Yunus menyebut, PSSI secara resmi belum menentukan akan seperti apa nasib skuad ke depan. Begitu juga soal Shin Tae-yong dan staf pelatih asal Korea Selatan. ’’Kami belum memutuskan apa pun. Kami menunggu arahan ketua umum dan rapat exco nanti,’’ ujar Yunus.

Jika PSSI belum menentukan, para pemain sudah kadung kecewa dengan penundaan Piala Asia U-19. Apalagi, sebelumnya, mereka juga merasakan penundaan Piala Dunia U-20 yang seharusnya dihelat tahun ini. Dua event yang selama ini jadi target pun harus pupus di tengah jalan.

Irfan Jauhari, misalnya. Dia kecewa setelah mendengar kabar penundaan Piala Asia U-19. ’’Tentunya kecewa karena jadwal semua yang sudah tersusun jadi berantakan, tapi mau bagaimana lagi. Karena pandemi korona varian baru di sana mulai berkembang,’’ kata Irfan.

Menurut dia, pemain saat ini sudah mengerti skema dan keinginan dari Shin Tae-yong. ’’Kami juga sudah lebih kompak dari TC sebelumnya di Jakarta,’’ imbuhnya.

Para pemain saat ini sedang menjalani karantina di Jakarta. Mereka melakukan karantina di salah satu hotel berbintang selama lima hari hingga 18 Januari mendatang. Setelah itu, mereka akan dikembalikan ke klub masing-masing.

Asisten pelatih timnas U-19 Nova Arianto mengingatkan kepada para pemain agar tetap menjalankan instruksi pelatih untuk menjaga kondisi tubuh.

’’Selain itu, saya ingin para pemain terus kerja keras setiap mereka latihan mandiri atau dengan tim. Sebab, kalau kompetisi berjalan, mereka akan tetap selalu dalam pantauan tim pelatih,’’ papar Nova.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c17/bas




Close Ads