alexametrics

Gagal Maksimal di Spanyol, Malam Ini Timnas U-19 Pulang ke Indonesia

14 Januari 2021, 22:30:55 WIB

JawaPos.com − Keputusan mengejutkan diambil PSSI untuk timnas Indonesia U-19. Direncanakan melakoni pemusatan latihan (TC) di Spanyol hingga 31 Januari mendatang, kemarin (13/1) David Maulana dkk diminta segera pulang ke Indonesia.

Bahkan, malam hari ini rombongan timnas U-19 direncanakan sudah tiba di tanah air. Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi mengungkapkan, PSSI meminta timnas U-19 pulang karena sudah dipastikan tidak bisa menggelar laga uji coba selama di Spanyol.

’’Keputusan ini diambil setelah kami berkomunikasi dengan pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri,’’ katanya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Mengaku Memegang Sendiri Akun Instagramnya

Ya, selama tiga pekan di Spanyol, timnas U-19 memang sulit menggelar uji coba. Jadwal pertandingan pada 3 dan 7 Januari lalu harus batal karena tidak mendapat izin dari pemerintah setempat. Masih tingginya persebaran virus korona di Spanyol jadi alasannya.

Yunus menyatakan, PSSI menghormati keputusan pemerintah Spanyol tersebut. Dia mengerti itu adalah keputusan terbaik untuk menghentikan laju persebaram virus korona yang masuk gelombang kedua di Eropa saat ini.

’’Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol. PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar dapat TC di Spanyol,’’ bebernya.

Timnas U-19 sebenarnya bukan satu-satunya tim yang merasa sia-sia TC di Spanyol. Ada Arab Saudi U-19 yang juga sedang TC di lokasi tempat Garuda Muda berada. Arab Saudi U-19 juga tidak bisa menggelar laga uji coba. Bahkan, melawan timnas U-19 pun tidak mendapat izin.

Pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong mengaku cukup kecewa dengan kepulangan skuadnya. Namun, dia tidak bisa melakukan apa pun karena situasi yang ada memang tidak mendukung timnas U-19 meneruskan TC di Spanyol.

’’Tentu bila ada pertandingan uji coba, pemain akan semakin berkembang. Kami tidak dapat menjalani uji coba karena kondisi Covid-19 di Spanyol yang tinggi dan berimbas tidak mendapatkan izin untuk uji coba,’’ paparnya.

Meski begitu, Shin Tae-yong mengaku cukup puas dengan perkembangan anak asuhnya. Menurut dia, walau tidak sesuai skema yang diinginkan, kualitas pemain tetap berkembang dibandingkan sebelumnya.

’’Selama tiga pekan di Spanyol, kami hanya melakukan dua kali internal game. Kami harap pemain terus bersemangat, kerja keras, serta selalu bermain maksimal,’’ ucapnya.

Timnas U-19 bakal melakukan serangkaian tes bebas Covid-19 sebelum mendarat di Indonesia. Mereka sudah melakukan tes PCR sebelum tiba di tanah air hari ini. Hasilnya, sejauh ini tidak ada pemain yang terindikasi tertular virus korona.

Selain itu, untuk melakukan langkah antisipasi, setiba di Indonesia, para pemain tidak dibubarkan dulu. ’’Setibanya di Indonesia, kami harus karantina mandiri di hotel selama lima hari dan kembali menjalani swab test PCR,’’ ucap Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c17/ali


Close Ads