JawaPos Radar

Semifinal

Data Statistik Ini Bakal Jadi Ancaman Kroasia Saat Hadapi Inggris

11/07/2018, 16:05 WIB | Editor: Agus Dwi W
timnas kroasia
Sudah 4 kali gawang Kroasia dibobol melalui set pieces yang justru jadi spesialisasi Inggris. (Kirill Kudryavtsev/AFP)
Share this image

JawaPos.com - Kroasia dan Inggris akan bertemu untuk pertama kalinya di semifinal Piala Dunia. Sejauh ini, performa tim relatif tak berbeda. Namun ada data statistik yang bisa mengancam peluang Kroasia untuk lolos ke partai final.

Hingga babak perempat final, Kroasia mampu mencetak 10 gol. Tiga di antaranya dicetak melalui situasi set pieces. Sisanya dilakukan melalui open play.

Kondisi ini berbeda dengan gol yang masuk ke dalam gawang mereka. Tiga dari empat gol yang melesak ke gawang Kroasia berasal dari situasi bola mati.

Situasi ini seperti memberi jalan bagi Inggris untuk menaklukkan Kroasia di laga Kamis (12/7) dini hari nanti. Pasalnya, The Three Lions justru dikenal sebagai tim yang andal mencetak gol melalui situasi set pieces.

Hingga babak perempat final, Inggris telah mencetak 11 gol. Delapan dari 11 gol tersebut dicetak melalui set pieces. Ini merupakan catatan terbesar yang diraih sebuah tim di Piala Dunia, setelah Portugal melakukannya pada 1966.

Separuh dari gol set pieces tersebut berasal dari tendangan sudut. Seluruhnya diakhiri dengan sundulan. Total, ada 5 gol sundulan yang dilakukan para penggawa Inggris ke gawang lawan-lawannya.

Tiga tim terakhir yang mampu mencetak 4 gol atau lebih dari tendangan sudut, semuanya berasal dari Eropa. Mereka adalah Jerman di Piala Dunia 2014, Italia (2006), dan Prancis (1998). Ketiganya pun mengakhiri Piala Dunia dengan status juara.

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up