JawaPos Radar | Iklan Jitu

Semifinal

Kerap Main di Hari Rabu, Ini Fakta Menarik Lain Kroasia vs Inggris

11 Juli 2018, 10:52:48 WIB | Editor: Agus Dwi W
kroasia vs inggris
Fans Kroasia tengah mengambil gambar di Lapangan Merah, Moskow. (Manan Vatsyayana/AFP)
Share this

JawaPos.com - Untuk kali kedua Inggris dan Kroasia bertemu di sebuah turnamen besar.  Laga pada Kamis (12/7) dini hari WIB itu akan menjadi pertemuan perdana kedua negara di Piala Dunia. Sebuah catatan akan menjadi momentum penting bagi kedua negara Eropa tersebut.

Baik Inggris maupun Kroasia pernah mengalami pil pahit ketika tampil di babak semifinal Piala Dunia. Karena itu, laga di Stadion Luzhniki tersebut bisa menjadi momentum untuk melupakan semua kegagalan yang pernah dirasakan sebelumnya.

Berikut sejumlah fakta unik dan menarik terkait pertemuan Kroasia dan Inggris

piala dunia 2018
Meski tak banyak, fans Timnas Inggris tetap berusaha mendukung langsung di Rusia. (Maxim Zmeyev/AFP)

1. Kroasia dan Inggris baru sekali bertemu di turnamen besar. Tepatnya di fase grup Piala Eropa 2004 saat Inggris menang 4-2 atas Kroasia.

2. Laga pada Kamis (12/7) dini hari nanti akan menjadi pertemuan ke-8 kedua kubu. Sejauh ini Inggris sudah menang 4 kali, sekali seri, dan Kroasia 2 kali menang.

3. Dari tujuh pertemuan sebelumnya, 6 di antaranya selalu terjadi di hari yang sama. Ya, Inggris dan Kroasia seolah akrab dengan hari Rabu. Jika dihitung dengan laga yang akan dijalani hari ini, maka jumlahnya akan menjadi 7 pertandingan.

4. Kemenangan terakhir Kroasia atas Inggris menjadi momen yang cukup dikenang. Pada November 2007, Kroasia menang dramatis dengan skor 3-2 di Stadion Wembley. Sebuah hasil yang langsung mengubur harapan Inggris tampil di Piala Eropa 2008.

5. Kroasia tampil di semifinal setelah menyingkirkan Denmark di 16 besar dan Rusia di perempat final. Kedua laga itu harus diakhiri dengan adu penalti. Tim terakhir yang mampu menang dalam dua adu penalti adalah Argentina pada Piala Dunia 1990, melawan Yugoslavia dan Italia.

6. Kroasia hanya sekali kalah setiap kali bertemu sesama tim Eropa di Piala Dunia. Kroasia mencatatkan 5 kemenangan dan 2 kali imbang. Satu-satunya kekalahan adalah saat ditaklukkan Prancis di semifinal Piala Dunia 1998.

7. Sepanjang penampilan Kroasia di Piala Dunia 2018, ada 8 pemain berbeda yang mampu mencetak gol. Hanya Belgia yang memiliki 9 pemain berbeda yang mampu mencetak gol di Piala Dunia 2018.

8. Bagi Inggris, laga melawan Kroasia akan menjadi babak semifinal ketiga mereka dalam sejarah tampil di Piala Dunia. Semifinal pertama pada 1966, Inggris mengalahkan Portugal. Pada 1990, Inggris kalah dalam adu penalti melawan Jerman Barat.

9. Inggris punya catatan buruk saat tampil di tiga semifinal terakhir sebuah turnamen besar. Kalah dari Jerman di Euro 1996, disingkirkan Jerman Barat di Piala Dunia 1990, dan ditendang Yugoslavia di Euro 1968.

10. Sejak 1982, Inggris belum pernah lagi mengalahkan dua tim Eropa di Piala Dunia yang sama. Saat itu mereka menaklukkan Ceskoslovakia dan Prancis.

11. Inggris memiliki 5 pemain berbeda yang telah mencetak gol sepanjang Piala Dunia 2018. Ini menyamai torehan yang Inggris lakukan pada Piala Dunia 1954, 1998, dan 2002.

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up