alexametrics

Realme Watch 2 Pro, Smartwatch Trendi dan Kaya Fitur untuk Anak Muda

17 Juni 2021, 08:01:51 WIB

JawaPos.com – Selain mengumumkan kehadiran smartphone 5G-nya untuk pertama kali di pasar Indonesia yang didukung chipset MediaTek Dimensity 700 5G, Realme juga memanfaatkan momen tersebut untuk menghadirkan ekosistem perangkat lainnya. Realme turut menghadirkan smartwatch atau arloji pintar Watch 2 Pro untuk pasar tanah air yang secara khusus dikenalkan buat anak muda.

Membawa slogan “Smartwatch Paling Lengkap dengan Layar Terbesar di Kelasnya”, Realme Watch 2 Pro tak lupa kami ulas seperti halnya perangkat 5G mereka. Kedua gadget ini memiliki kesamaan yakni sama-sama hadir di segmen terjangkau namun memberikan pengalaman, fitur dan gaya maksimal.

Desain Trendi
Desain Realme Watch 2 Pro tampak familiar. Di area ini, Realme Watch 2 Pro hadir dengan faktor bentuk square atau persegi. Desain ini ada pada smartwatch pertama Realme yakni Realme Watch yang dikenalkan Juni 2020 lalu. Setahun sejak peluncuran perangkat smartwatch pertamanya ke pasar tanah air, Realme 2 Pro kali ini membawa bentuk yang sama dengan perangkat terdahulu.

Meski bentuknya tampak familiar, jangan disangka tak ada peningkatan pada gawai terbaru pelengkap ekosistem Internet of Things (IoT) Realme kali ini. Pada Watch 2 Pro kali, sebagai perangkat teranyar, upgradenya tentu signifikan.

Di sisi desain, Realme Watch 2 Pro hadir dengan bentuk yang lebih elegan dengan frame atau area bingkai di tepi layar yang glossy. Di bagian strap atau tali jam pintar ini ada identitas khusus bertuliskan “Dare to Leap” yang belakangan ini menjadi jargon andalan Realme untuk berbagai perangkatnya.

Secara tampilan, Watch 2 Pro dari Realme hadir dengan pilihan warna hitam dan silver. Unit yang kami dapat kebetulan berwarna hitam. Soal dimensi, Realme Watch 2 Pro memiliki total ukuran 255,2 x 8,9 x 12,65 mm. Bobot perangkat ini juga sangat ringan yakni hanya 40 gram lengkap dengan tali atau strapnya yang memiliki lebar 22 mm.

Perangkat smartwatch Realme Watch 2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pengalaman di sisi desain masih sama seperti menggunakan arloji Realme sebelumnya. Nyaman. Ringan. Pada faktor bentuk kali ini, menurut kami wmartwatch ini memang sangat cocok dengan segmentasi pasarnya yakni anak muda. Bentuk jam ini tak terlalu besar juga tak terlalu kecil dan pas buat mereka yang sedang mencari smartwatch yang compact, ringkas namun kaya fitur dan fungsi.

Realme Watch 2 Pro hadir dengan layar sentuh berwarna seluas 1,75 inci (4,4 cm). Layar sentuh terbilang luas dengan resolusi 320 x 385 pixel (287 PPI) yang mampu menampilkan visual yang tajam dan hidup. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tampilan layar telah meningkat sebanyak 56 persen.

Layar sentuhnya cukup responsif. Ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol Watch 2 Pro dengan mudah. Selain ukurannya yang diperbesar, Realme Watch 2 Pro juga dilengkapi dengan 30 fps high refresh rate untuk pengalaman penggunaan yang lebih halus, kontrol jari, dan reaktivitas yang ditingkatkan.

Tingkat kecerahan layar maksimum dari Realme Watch 2 Pro juga tinggi yakni mencapai 600 nits. Ini tentu penting untuk memastikan layar akan tetap terlihat dengan jelas walau berada di bawah terpaan sinar matahari langsung saat mengecek notifikasi langsung di jam tangan ini.

Pada bagian perlindungan, Realme Watch 2 Pro dilengkapi dengan kaca 2,5 D, ketahanan goresan yang lebih tinggi, dan pelapis anti sidik jari untuk mendukung pengalaman penggunaan yang superior.

Spesifikasi
Untuk mendukung performa harian dan fungsi kesehatan penggunanya, hadir dengan sokongan baterai sebesar 390 mAh. Dengan ukuran baterai segitu pada sebuah perangkat arloji pintar, berdasarkan pengujian kami, smartwatch ini mampu bertahan dalam masa pakai hingga 14 hari penggunaan dengan berbagai fitur di dalamnya aktif dan terkoneksi smartphone menggunakan aplikasi cerdas pendamping Realme Link.

Spesifikasi lainnya dari perangkat jam tangan pintar Realme ini adalah sensor accelerometer tiga sumbu, Real Sports Engine High-Precision, Dual-Satellite GPS, heart rate sensor dan oksigen darah, rotor vibration motor sampai ketahanan air IP 68 dengan strap berbahan resin yang lentur dan kuat.

Realme Watch 2 Pro hadir menggunakan sensor GPS yang sangat presisi. GPS dapat meningkatkan kualitas hidup pengguna, misalnya, smartwatch tanpa GPS hanya mampu mengkalkukasikanrute lari melalui prediksi algoritma, yang artinya ketepatan rute dan akurasi kecepatannya rendah. Smafrtwatch dengan GPS mampu memberikan data yang lebih akurat dalam kedua aspek tersebut. realme Watch 2 Pro memiliki GPS dual-satelit, yang dapat memberikan akurasi posisi hingga 2,5 meter dan kecepatan hingga 2 detik.

Perangkat smartwatch Realme Watch 2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Realme Watch 2 Pro kemudian juga hadir dengan sensor presisi tinggi PPG optical untuk mendukung monitor detak jantung hingga 24-jam tanpa henti dan secara cepat dan tepat akan mengukur detak jantung pengguna. Pengguna juga akan diberi notifikasi ketika detak jantung terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Pemantauan detak jantung didapatkan dengan memancarkan cahaya hijau dengan panjang gelombang tertentu ke kulit dan kemudian mendeteksi cahaya yang dipantulkan. Sensor di Realme Watch 2 Pro bekerja sangat baik dalam berbagai faktor penting seperti akurasi, kompatibilitas warna kulit, dan konsumsi daya.

Selain itu, untuk kebutuhan koneksi, jam pintar ini sudah dibekali dengan teknologi Bluetooth 5.0, Realme Link APP dan bisa berjalan pada sistem operasi (OS) Android 5 ke atas dan juga sudah bisa disandingkan dengan perangkat iPhone dengan OS 9 ke atas sementara model sebelumnya hanya bisa disandingkan oleh pengguna smartphone Android.

Penggunaan
Perangkat ini seperti biasa sangat mudah dikenakan dan dioperasikan, bahkan untuk pengguna anak-anak sekalipun. Pada seri kali ini, hanya terdapat satu tombol fisik di area samping kanan pada perangkat ini. Cukup ditekan selama tiga detik pada tombol bagian atas untuk mengaktifkan Realme Watch 2 Pro ini.

Namun saat pertama kali digunakan, pastikan untuk mengisi daya jam tangan dengan cukup untuk memastikan dapat mengaktifkannya dan sudah mengunduh aplikasi Realme Link di smartphone yang akan dipasangkan dengan jam tangan ini. Kalau sudah, penggunaan bisa dilakukan dengan cukup banyak mengeksplor fitur-fitur jam ini.

Smartwatch ini selain desain trendi adalah watch face atau gambar latar yang bisa digonta-ganti dengan pilihan yang beragam. Realme Watch 2 Pro memiliki setidaknya lebih dari 100 watch face trendi. Apapun gaya yang dipilih pengguna, mulai dari tipe yang simpel, mekanikal, atau gaya yang lebih dewasa, semua tersedia. Meskipun pengguna mengganti watch face sebanyak dua kali dalam seminggu, koleksi watch face tidak akan habis selama setahun.

Perangkat smartwatch Realme Watch 2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk realme Watch 2 Pro, Realme kembali berkolaborasi dengan Grafflex, desainer Korea yang ternama, untuk membuat watch face khusus yang sangat bergaya. Semakin menarik bukan!

Bagi yang gemar berolahraga, Realme Watch 2 Pro juga bisa jadi teman seru selain bergaya trendi. Untuk memenuhi kebutuhan para anak muda, Realme meningkatkan jumlah mode olahraga pada Realme Watch 2 Pro hingga 90 mode. Apapun olahraga yang pengguna suka, Raealme Watch 2 Pro memilikinya.

Bagi yang suka berenang dan jalan santai sembari mendengar musik. Perangkat ini mampu menemani. Beragam pilihan mode lainnya di smartwatch ini misalnya jalan-jalan di luar atau dalam, lari di dalam atau di luar ruangan, bersepeda di luar ruangan, bersepeda dinamis, hiking, kriket, badminton, lompat tali, yoga dan masih banyak lagi bahkan meditasi juga ada.

Realme Watch 2 Pro juga dapat menerima hampir semua notifikasi aplikasi dan menampilkan beberapa ikon yang sesuai, mendukung tampilan panggilan, SMS, dan pesan aplikasi pihak ketiga. Perlu disebutkan juga bahwa Realme Watch 2 Pro telah disesuaikan dengan hampir semua aplikasi pihak ketiga untuk notifikasi pintar, termasuk aplikasi yang paling umum digunakan seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan aplikasi lainnya. Benar-benar pas buat teman anak muda.

Kesimpulan
Realme Watch 2 Pro sudah dilengkapi dengan IP68 water resistant, artinya pengguna tidak perlu melepasnya saat mencuci tangan, dan tidak perlu khawatir saat berkeringat ketika digunakan untuk berolahraga.

Kemudian, seluruh produk Realme Watch 2 Pro yang dipasarkan juga telah melalui pengujian ketahanan, seperti 100.000 kali penekanan tombol, 300 kali uji jatuh dari ketinggian 1 meter, 5.000 kali uji pengisian daya, dan 168 jam 55 derajat celcius pengujian suhu ekstrim. Jadi, buat pengguna muda yang aktif bersama teman-teman mereka, perangkat ini bisa diandalkan dengan harga yang terjangkau.

Selain Watch 2 Pro, dalam kesempatan yang sama, Realme juga merilis varian lainnya dari perangkat ini yang lebih terjangkau yakni Realme Watch 2 (reguler). Bentuk, desain dan fitur keduanya tak banyak berbeda, tetap cukup canggih, tangguh dan trendi buat segmen mereka yakni anak muda hanya saja harganya lebih terjangkau.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: