JawaPos Radar | Iklan Jitu

Akhirnya Tunggakan BPJS Kesehatan ke Faskes Terlunasi

Terbantu Dana Talangan Rp 4,9 Triliun

25 September 2018, 13:37:32 WIB | Editor: Ilham Safutra
Akhirnya Tunggakan BPJS Kesehatan ke Faskes Terlunasi
Ilustrasi: BPJS Kesehatan akhirnya bisa melunasi utang dengan faskes dan RS (IDHAM AMA/FAJAR/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Persoalan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang terbelit utang dengan fasilitas kesehatan (faskes) atau rumah sakit (RS) akhirnya mulai terselesaikan. Pasalnya dana talangan yang dijanjikan pemerintah akhirnya cair. Nilainya Rp 4,99 triliun.

Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf memastikan dana talangan tersebut cair kemarin (24/9). "Paling pekan ini bisa diselesaikan (pembayaran utang ke RS, Red)," tuturnya.

Menurut dia, mekanisme pembayaran utang BPJS Kesehatan ke faskes sudah diatur di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 113/2018. Dalam regulasi itu, dibuat secara detail daftar utang di setiap perwakilan kantor BPJS Kesehatan.

Akhirnya Tunggakan BPJS Kesehatan ke Faskes Terlunasi
Ilustrasi: BPJS Kesehatan akhirnya bisa melunasi utang dengan faskes dan RS. (IDHAM AMA/FAJAR/Jawa Pos Group)

Selain itu, Iqbal menjelaskan, proses transfer uang pembayaran utang dari BPJS Kesehatan ke faskes atau RS juga terkait dengan bank. Transfer tersebut bisa jadi membutuhkan waktu. Misalnya, ada perbedaan bank yang dipakai BPJS Kesehatan dengan faskes atau RS.

Iqbal menjelaskan, dana talangan yang sudah cair Rp 4,99 triliun itu masih di bawah utang riil BPJS Kesehatan. Per 17 September, utang riil BPJS Kesehatan Rp 7,05 triliun. BPJS Kesehatan bakal menggunakan prinsip first come first serve. Artinya, utang yang lebih dahulu akan dibayar lebih dahulu juga.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, mekanisme pencairan dana untuk menutup defisit BPJS Kesehatan tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 113 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyediaan Pencairan dan Pertanggungjawaban Dana Cadangan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditandatangani pada 10 September 2018.

"PMK sudah kita selesaikan dan dari BPJS sudah lakukan kontrak kinerja," ungkapnya kemarin (24/9). 

(wan/vir/c6/agm)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up