alexametrics

Berawal dari Sembelit, Benjolan dan Berdarah Saat BAB Bisa Picu Wasir

20 April 2021, 10:58:22 WIB

JawaPos.com – Jangan anggap sepele konstipasi atau kondisi saat mengalami kesulitan buang air besar. Ketika hal ini adibaikan, akan memunculkan keluhan berupa wasir atau ambein atau hemoroid.

Dokter spesialis bedah Vena Wasir Center Cabang Kota Medan, dr. Freddy Tambunan, Sp.B, menjelaskan, wasir umumnya berawal dari konstipasi atau sembelit kronis. Kondisi ini terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus akibat adanya peningkatan tekanan.

Sayangnya, kata dia, meski sudah dirasa tidak nyaman, penderita wasir kerap mengabaikannya. Kebanyakan malu memeriksakan diri ke dokter karena dianggap sebagai aib. Jika ini terus dibiarkan akan memunculkan risiko penyakit lain, seperti anemia.

Baca Juga: Terlalu Lama Duduk Saat WFH, Waspadai Munculnya Gejala Wasir

“Sebaiknya jika sudah mengetahui atau mempunyai penyakit wasir, harus segera dilakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter, karena wasir bukan aib tetapi penyakit yang harus disembuhkan,” jelasnya kepada wartawan secara daring baru-baru ini.

Lalu, apa saja penyebab konstipasi? Salah satunya disebabkan kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Ia menyarankan untuk minum air putih minimal sebanyak 2 liter sehari.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads