alexametrics

Pakar Ungkap Manfaat Minum Kopi Untuk Liver dan Gula Darah

1 Maret 2021, 13:43:48 WIB

JawaPos.com – Minum kopi bisa memberikan manfaat bagi tubuh jika tidak berlebihan. Seseorang dengan penyakit penyerta seperti diabetes dan hipertensi mungkin bertanya-tanya apakah boleh minum kopi dan berapa banyak dosisnya.

Dilansir dari Daily Express, Senin (1/3), Pakar Penyakit Hati, Profesor Kedokteran, Harvard Medical School, Boston Prof Dr Chopra Sanjiv mengatakan, peminum kopi memiliki tingkat enzim hati yang rendah di dalam darah. Para ahli menguji dua enzim hati ALT dan AST pada peminum kopi.

Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki lebih sedikit fibrosis hati (jaringan parut). Jadi peminum kopi memiliki tingkat enzim hati yang rendah karena fibrosis mereka lebih sedikit.

Arti dua cangkir kopi sehari

Kemudian sebuah penelitian di (jurnal) Gastroenterology bahwa orang yang minum dua cangkir kopi biasa sehari mengalami penurunan 50 persen dalam rawat inap dan kematian akibat penyakit hati kronis. Banyak penelitian dan analisis meta telah menunjukkan bahwa orang yang minum dua cangkir kopi mengalami penurunan 40 persen kematian akibat kanker hati primer.

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Paling Sederhana Agar Gula Darah Tetap Terkontrol

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads