alexametrics

Membelot Dukung Prabowo, Ketua DPD Golkar Wonosobo Akhirnya Diberhentikan

8 April 2019, 18:44:05 WIB

JawaPos.com – Partai Golkar secara resmi memberhentikan sementara Triana Widodo dari posisinya selaku Ketua DPD II Golkar Kabupaten Wonosobo, Senin (8/4). Keputusan ini diambil menyusul tindakan Triana yang dianggap telah mendukung Prabowo-Sandi.

Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Tengah Anton Lami Suhadi mengatakan, keputusan itu diambil lantaran Triana dianggap sudah melangkahi hasil Munaslub maupun Rapimnas partainya. “Sesuai dengan surat edaran DPP Golkar bahwa seluruh komponen harus memenangkan Jokowi,” katanya, Senin (8/4).

“Tetapi dia (Triana) ekspos secara terbuka dan menandatangani kesepakatan untuk mendukung Pak Prabowo. Baik itu secara fisik, pikiran, maupun perbuatan,” sambungnya.

Sikap Triana itu, menurut Anton, berupa tindakan menyepakati pemasangan lambang-lambang Prabowo-Sandi di sejumlah alat peraga kampanye. Serta ajakan yang bersangkutan kepada personel-personel di bawah strukturnya untuk berangkat ke Jogjakarta dan mendukung Paslon 02.

ILUSTRASI: Kampanye akbar Prabowo di SUGBK, Minggu (7/4). (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

Anton mengatakan, setelah diklarifikasi kepada sejumlah kader, keterangan mereka menyebutkan jika ajakan mengalihkan dukungan ke Prabowo-Sandi datang dari atas. Beda dari keterangan Triana sebelumnya yang mengatakan bahwa pindah haluan ini merupakan aspirasi dari arus bawah, bukan maksud pribadi.

“Hasil konfirmasi yang ada, itu ternyata keterpengaruhan dari Ketua (DPD). Yang namanya ketua kan punya pengaruh ya. Pengaruh itu ada pada struktur. Siapapun orangnya, struktur di bawahnya ada kecenderungan loyality,” ungkapnya.

Untuk itu, elite partai berlambang pohon beringin itu pun mengambil sikap sesuai dengan peraturan organisasi. “Kalau tidak memenangkan Pileg dan Pilpres, kalau dia melawan secara terang-terangan pasti akan dilakukan peraturan organisasi. Reward and Punishment. Punishment-nya adalah diberhentikan sementara sebagai pengurus. Bukan sebagai anggota ya,” terangnya.

Dalam mengisi kekosongan posisi, Anton menambahkan partainya juga sudah menunjuk pengganti Triana. Adalah Ketua Harian DPD Golkar Jateng Iqbal Wibisono yang per hari ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPD II Partai Golkar Wonosobo.

“Nanti malam akan di-clear-kan. Kalau anda (Triana) mau ke sana (Prabowo-Sandi) ya silakan. Yang di sini ya di sini. Nanti akan konsolidasi. Mana yang dukung 01 dan 02. Kalau yang dukung 02 ya otomatis harus berhenti sementara kalau jadi pengurus. Kalau kader, sesuai dengan aturan organisasi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan kader Partai Golkar Wonosobo bertatap muka langsung dengan Prabowo Subianto di Hotel Tentrem, Jogjakarta, Minggu (8/4). Pada saat yang sama, mereka menyampaikan surat bermaterai sebagai bukti komitmen mendukung 02 di Pilpres 2019.

Para kader Golkar ini juga diketahui berpartisipasi dalam acara kampanye Prabowo di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Senin (8/4). “Setelah dari Yogyakarta kami akan membuka posko pemenangan di tingkat kecamatan dan desa untuk memenangkan pasangan Prabowo-Sandi,” ujar Triana dalam rilis sebelumnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro