alexametrics

Sony Pastikan Hampir Semua Game Fisik PS4 Bisa Dimainkan di PS5

13 Oktober 2020, 19:19:41 WIB

JawaPos.com – Backward compatibility adalah kata yang sering kita dengar ketika konsol game generasi baru dirilis. Artinya dalam istilah yang paling sederhana adalah jika konsol game baru mendukung game dari generasi sebelumnya.

Terkait fitur kompatibilitas ke belakang, Sony baru-baru ini resmi merilis postingan blog yang menjelaskan cara kerja di PlayStation 5 (PS5). Ketika PlayStation 5 mulai dijual bulan depan, katalog game akan sangat sedikit. Tapi kabar baiknya adalah bagi mereka yang memiliki PlayStation 4 (PS4), mereka akan dapat memainkan katalog game mereka saat ini di konsol game baru.

Permainan ini termasuk eksklusif seperti The Last of Us Part II dan Ghost of Tsushima. Menariknya lagi, Sony memastikan bahwa kompatibilitas ke belakang di PS5 akan mendukung hampir semua game fisik dengan cakram fisik atau disk PS4.

“Saat PlayStation 5 diluncurkan November ini, lebih dari 99 persen dari 4.000 lebih game yang tersedia di PS4 akan dapat dimainkan di PS5,” kata Hideaki Nishino, SVP Perencanaan dan Manajemen Platform Sony.

PS5 hadir dalam dua versi. Versi serba digital dan versi dengan drive disk Blu-ray. Menurut postingan tersebut, mode bermain game PS4 akan berbeda pada keduanya.

Untuk konsol edisi digital, pengguna akan dapat memainkan edisi digital dari game PS4 yang kompatibel di PS5 Digital Edition. Game-game ini termasuk yang sudah mereka beli atau yang mereka rencanakan untuk dibeli di PlayStation Store di PS4, PS5, web, atau melalui aplikasi seluler PlayStation.

Mereka yang memiliki cakram PS4 tetapi menggunakan PS5 Digital Edition tidak akan dapat memainkan game berbasis cakram mereka di konsol. Jika Anda mengambil PS5 dengan drive, Anda akan dapat memainkan versi digital dari game yang Anda beli di dalamnya. Jika Anda juga memiliki permainan berbasis disk, Anda juga dapat memasukkannya ke dalam drive dan memainkannya.

Kendati demikian, Sony menyarankan agar pengguna memperbarui konsol mereka ke versi terbaru dan juga menerapkan patch game apa pun yang tersedia. Game yang didukung untuk kedua versi PS5 termasuk game PlayStation VR juga.

Belum berhenti kabar gembira buat para gamers PS5. Game PS4 yang Anda mainkan di PS5 akan memiliki pengalaman berbeda juga. Mereka akan turut merasakan loading time atau waktu muat lebih cepat dan juga memanfaatkan Game Boost untuk frekuensi gambar yang lebih baik dan lebih stabil.

Postingan tersebut juga mengatakan bahwa game ini akan memanfaatkan beberapa fitur User Experience (UX) baru dari konsol baru, tetapi tidak menjelaskan yang mana. Pengguna juga akan dapat memindahkan simpanan game (berdasarkan keputusan pengembang) dari PS4 ke PS5 menggunakan kabel LAN, Wifi, penyimpanan eksternal USB, dan penyimpanan cloud bagi mereka yang memiliki akun PS Plus.

Sony mengatakan tidak semua game akan berfungsi dan telah merilis daftar game yang tidak didukung (di bawah). Untuk mempermudah, game yang tidak bekerja dengan PS5 akan memiliki deskripsi yang bertuliskan “PS4 only” di PlayStation Store.

Selain itu, game yang didukung dapat menunjukkan kesalahan atau perilaku tidak terduga saat dimainkan di PS5, dan fitur tertentu seperti menu Share, fitur turnamen, Live Dalam Game, dan aplikasi Layar Kedua PS4 tidak berfungsi dengan PS5.

Game PS4 yang dimainkan di PS5 juga dapat dimainkan dengan pengontrol DualShock 4, pengontrol DualSense dari PS5, dan pengontrol pihak ketiga berlisensi. Untuk game PS VR, Anda juga memerlukan headset PS VR, Kamera PS yang perlu dibeli terpisah, dan adaptor kamera PS.

Roda balap atau aksesori kemudi, tongkat arcade, dan tongkat penerbangan berlisensi resmi akan berfungsi dengan game PS4 yang kompatibel di PS5 dan juga dengan game PS5, namun, pengontrol DualShock 4 tidak dapat berfungsi untuk game PS5.

Game PS4 Tidak Kompatibel dengan PS5:
– DWVR
– Afro Samurai 2 Revenge of Kuma Volume One
– TT Isle of Man – Ride on the Edge 2
– Just Deal With It!
– Shadow Complex Remastered
– Robinson: The Journey
– We Sing
– Hitman Go: Definitive Edition
– Shadwen
– Joe’s Diner

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto




Close Ads