alexametrics

Duel Smartphone Entry Level, Realme C2 Tantang Samsung Galaxy M10

10 Mei 2019, 14:37:24 WIB

JawaPos.com – Samsung Galaxy M10 kedatangan penantang di kelas dan segmen yang sama. Dia adalah Realme C2. Realme C2 di Indonesia dijual murah, yakni mulai Rp 1,5 juta. Harga segitu merupakan tak terpaut jauh dari perangkat Galaxy M10. Dengan banderol itu, kedatangan Realme C2 tentu mengganggu eksistensi Samsung Galaxy M10.

Apalagi Realme C2 hadir ke pasar Indonesia menjelang Lebaran. Hal ini tentu menambah persaingan pasar smartphone murah tanah air makin ketat. Betapa tidak, momen Lebaran banyak digunakan para vendor smartphone untuk menggenjot penjualan berbarengan dengan turunnya Tunjangan Hari Raya (THR).

Bicara persaingan antarvendor, pada artikel kali ini, kami akan mengadu kedua perangkat entry level tersebut. Samsung Galaxy M10 vs Realme C2. Antara Realme C2 dan Samsung Galaxy M10 agaknya terdapat beberapa kesamaan. Sebut saja desain kekinian, performa yang mirip-mirip, dan beberapa aspek lainnya. Tidak heran, segmennya saja sama.

Berbekal hal itulah kami akan melakukan ‘adu banteng’ antara Realme C2 vs Samsung Galaxy M10. Untuk lebih jelasnya mengenai perbandingan kedua produk di atas, berikut JawaPos.com berikan ulasannya ihwal Realme C2 dan Samsung Galaxy M10. Sasar segmen yang sama, siapa jawaranya?

Tabel spesifikasi Realme C2 vs Samsung Galaxy M10. (RianAlfianto/JawaPos.com)

Performa dan Dapur Pacu

Pertama, mengawali langkah yang paling krusial, JawaPos.com akan memulai dari urusan jeroan atau dapur pacu lengkap dengan performanya. Sebagai permulaan, kami akan memulai lebih dahulu dari Realme C2 sebagai perangkat yang paling anyar.

Dari sektor performa, Realme C2 membawa bekal prosesor bikinan MediaTek Helio P22 atau nama teknisnya MTK6762R. Mediatek Helio P22 di balik kap mesin Realme C2 mengadopsi proses fabrikasi FinFET 12 nm terbaru. Pengulas gadget di seluruh dunia banyak yang mengatakan bahwa performa dari MediaTek Helio P22 setara dengan bikinan kompetitor mereka, yakni Snapdragon 636 besutan Qualcomm.

Prosesor dengan fabrikasi segitu juga diklaim lebih hemat daya 15 persen dibandingkan dengan prosesor 14 nm generasi sebelumnya. MediaTek Helio P22 mengadopsi struktur Octa-core 2,0 GHz Cortex-A53 yang dibekali pula dengan pengolah grafis atau GPU PowerVR GE8320. Realme C2 hadir dengan pilihan RAM/ROM 3/32 GB dan 2/16 GB. Tenang, jika memori internalnya kurang, kamu bisa menambahkan penyimpanannya menggunakan MicroSD hingga 256 GB.

Beralih ke produk selanjutnya, dia adalah Samsung Galaxy M10. Dari aspek jeroan dalam hal ini prosesornya, handset teranyar Samsung itu ditopang SoC Octa-core Exynos 7870 (14 nm) yang menawarkan kecepatan 1,6 GHz Cortex-A53. Sementara untuk kinerja grafisnya, Galaxy M10 didukung GPU Mali-T830. Dari sektor memori, Galaxy M10 hanya memiliki RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB.

Untuk segi performa, kedua smartphone tersebut sebelumnya sama-sama sudah kami jajal. Berdasarkan pengujian kami, dari sektor performa Realme C2 agaknya unggul ketimbang Samsung Galaxy M10. Terbukti berdasarkan hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark sintetis AnTuTu dan PC Mark. Realme C2 di atas kertas lebih andal dengan skor yang lebih tinggi ketimbang Galaxy M10.

Untuk hasil simulasi menggunakan AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, perangkat Realme C2 mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 77030. Angka ini lebih besar jika dibandingkan dengan perolehan skor AnTuTu Samsung Galaxy M10 yang hanya mampu bersandar pada 63581 saja. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme C2 berhasil membukukan skor 5166, sedangkan Galaxy M10 lebih tinggi dengan perolehan 7415.

Meski PC Mark terlihat kecil, Realme C2 tetap bisa menyaingi Samsung Galaxy M10. Realme C2 berdasarkan pengalaman kami sudah bisa cukup diandalkan untuk beragam kebutuhan dan multitasking banyak aplikasi sekaligus, seperti bersosial media maupun mengolah gambar. Dengan begitu, Realme C2 terbilang bisa diandalkan sebagai perangkat harian.

Layar dan Desain

Aspek kedua yang ingin kami bandingkan antara Realme C2 dengan Samsung Galaxy M10 adalah layar dan desain. Dari segi layar, antara Realme C2 dan Samsung Galaxy M10 terdapat kesamaan. Keduanya sama-sama mengusung layar bertakik atau notch berbentuk serupa huruf ‘V’.

Layar dengan desain demikian macam-macam penyebutannya. Ada yang menyebutnya dengan waterdrop notch, dewdrop notch, dan yang lainnya. Sementara Samsung menyebutnya dengan Infinity-V. Intinya, layar dengan notch demikian digambarkan bak tetesan air atau tetesan embun yang menambah kesan lega daripada notch yang banyak beredar serupa iPhone X Series.

Realme C2 hadir dengan layar water drop berukuran 6,1 inci bermaterial IPS LCD dengan kemampuan layar beresolusi HD Plus 720 x 1.560 piksel. Realme C2 menawarkan rasio screen-to-body sebesar 89,35 persen yang menghasilkan tampilan lebar dan tampilan yang nyaman di mata. Layar dari Realme C2 juga telah diberikan perlindungan Corning Gorilla Glass 3 dengan kerapatan piksel 282 ppi.

Sementara untuk Samsung Galaxy M10 hadir dengan ukuran layar sedikit lebih luas, yakni 6,22 inci dan desain layar Infinity-V. Samsung Galaxy M10 menggunakan material layar dengan panel PLS (Plane to Line Switching) yang merupakan hasil penyempurnaan dari teknologi IPS (In Panel Switching). Galaxy M10 menyajikan kemampuan yang sama dengan Realme C2 yakni beresolusi HD Plus 720 x 1520 piksel. Dengan kombinasi ukuran dan resolusi yang ditawarkan, layar Samsung Galaxy M10 mampu memancarkan konten dengan kepadatan 270 ppi.

Pada sektor layar, Realme C2 tampak lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy M10. Misalnya dari sisi kerapatan layar atau ppi yang lebih tinggi serta adanya lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Bergeser ke bagian belakang, kedua perangkat yang kami bandingkan juga sama-sama hadir dengan desain kekinian. Tak berkilauan memang, namun keduanya sama-sama mendapat perhatian khusus dari masing-masing vendor. Untuk urusan desain, Realme C2 terlihat lebih mentereng jika ‘head to head’ dengan Samsung Galaxy M10. Pasalnya, Realme C2 mengusung desain yang diberikan sentuhan pola potongan diamond sementara Galaxy M10 cenderung polos dan licin saja.

Kamera

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pertimbangan konsumen saat ingin membeli smartphone baru adalah urusan fotografi atau kamera. Kedua smartphone yang kami bandingkan, Realme C2 dengan Samsung Galaxy M10, sama-sama mengenakan kamera ganda untuk sektor fotografi utamanya.

Realme C2 dibekali dengan kamera utama 13 MP + 2 MP dan hadir dengan ukuran piksel tunggal sebesar 1,12 mikron dengan aperture f/2.2 dan lensa 5P yang terbilang besar. Berada di bagian depan, Realme menyematkan kamera selfie 5 MP dalam kombinasi lensa dengan aperture diperbesar menjadi f/2.0. Di sektor kamera, Realme C2 juga terbilang lengkap dengan berbagai atributnya, seperti PDAF, LED flash, panorama, dan fitur unggulan lainnya seperti chroma boost.

Beralih ke Samsung Galaxy M10. Smartphone ini juga sudah tertancap dua sensor kamera. Masing-masing dengan resolusi 13 MP dengan aperture f/1.9 dan 5 MP yang didukung dengan lensa ultra wide untuk menghasilkan foto dengan sudut area pandang lebih luas. Samsung Galaxy M10 sama seperti Realme C2 juga sudah dibekali sensor kamera depan sebesar 5 MP dengan bukaan f/2.0. Fitur pendukung kamera seperti PDAF, LED flash, dan panorama juga hadir di kamera Samsung Galaxy M10 sama seperti Realme C2.

Membandingkan kamera, sebetulnya kedua perangkat tersebut sama-sama bisa diandalkan.  Samsung unggul mengadopsi lensa wide. Namun sayangnya, pabrikan Korea Selatan itu kurang memperhatikan sedikit fitur tambahan yang membuatnya mampu menjepret gambar dalam beberapa situasi. Sebut saja saat malam hari. Untuk urusan jepret menjepret gambar di malam hari, Realme C2 pada kamera belakangnya unggul berkat fitur chroma boost.

Chroma boost sendiri merupakan fitur teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, serta memberikan eksposur yang lebih seimbang.

Baterai, Security, dan Harga

Perbandingan terakhir, yang ingin JawaPos.com tilik lebih jauh adalah dari segi baterai, fitur keamanan (security), dan apalagi kalau bukan urusan kantong. Perlu diingat pula bahwa kedua produk yang kami bandingkan itu sama-sama hadir untuk segmen pasar menengah ke bawah dengan kamera ganda, desain kekinian, dan tentunya performa unggulan.

Dari segi baterai, Realme C2 dan Samsung Galaxy M10 memiliki perbedaan ukuran. Samsung untuk sektor baterai kalah telak karena hanya menggendong 3.400 mAh saja di balik kap mesinnya. Sementara Realme C2 unggul dengan membawa baterai sebesar 4.000 mAh.

Sementara untuk keamanannya, Realme C2 hadir dengan fitur yang lumayan bisa diandalkan. Sebut saja fitur keamanan standar semisal kode sandi, pola, dan keamanan biometrik berbasis face unlock yang menggendong di kamera depannya. Fitur keamanan tersebut tak hanya bisa digunakan mengunci layar smartphone, namun bisa juga digunakan untuk mengunci aplikasi dan menjadi brankas pribadi guna melindungi files yang ada di dalamya.

Hal ini termasuk pula yang kami suka. Dengan fitur keamanan demikian Realme C2 bisa dikontrol penggunaannya bila mana user memiliki anak kecil yang aktif dengan smartphone. Penggunaan bisa dibatasi dengan mengunci aplikasi.

Sama dengan Realme C2, Samsung Galaxy M10 juga demikian. Untuk keamanan, selain fitur keamanan konvensional seperti kata sandi dan pola, fitur keamanan biometric berupa face recognintion juga hadir pada perangkat Samsung Galaxy M10. Kesamaan lainnya antara Galaxy M10 dengan Realme C2, keduanya tidak dibekali fitur pemindai sidik jari atau fingerprint scanner.

Urusan kantong, seperti sudah kami singgung di atas, harga Realme C2 agaknya tidak terlalu menguras kantong dan tentu saja lebih murah ketimbang Samsung Galaxy M10. Realme C2 dilepas ke pasaran mulai dari harga termurah Rp 1,5 jutaan untuk varian RAM/ROM 2/16 GB dan banderol Rp 1,6 jutaan untuk varian yang lebih tinggi dengan RAM/ROM 3/32 GB.

Terakhir, untuk Samsung Galaxy M10, handset tersebut dilepas ke pasar tanah air dengan harga Rp 1,6 jutaan. Harga tersebut berlaku untuk satu varian saja yakni RAM/ROM 2/16 GB. Sebab, Samsung hanya membawa varian itu ke Indonesia.

Melihat komparasi di atas, sudah ada gambaran soal siapa yang menjadi jawara di segmen Rp 1 jutaan? Pilih Samsung Galaxy M10 atau Realme C2? Jawabannya ada pada kamu ya. Kedua smartphone tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan lebih dulu dengan kebutuhan kamu berdasarkan perbandingan tersebut.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto