JawaPos Radar

Sama-Sama Snapdragon 660, Pilih Vivo, Samsung, atau Xiaomi?

20/08/2018, 09:51 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Vivo V9 6 GB, Samsung Galaxy A8 Star, Xiaomi Mi A2
Vivo V9 6 GB, Samsung Galaxy A8 Star, dan Xiaomi Mi A2. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Persaingan pasar smartphone tanah air tak ada habisnya. Antarvendor berlomba-lomba menghadirkan produk-produk terbaru bahkan di waktu yang hampir berdekatan. Bagi konsumen ini tentu bagus. Sebab, di pasaran tersedia beragam pilihan yang membuat mereka bisa membandingkan satu sama lain sebelum membelinya.

Bicara membandingkan, JawaPos.com juga ingin 'mengadu' produk smartphone terbaru. Baik yang sudah hadir di pasar tanah air maupun yang baru dipastikan hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

Kali ini, JawaPos.com tertarik untuk membandingkan produk smartphone yang hadir dengan prosesor yang sama, yakni Snapdragon 660. Ada tiga vendor yang JawaPos.com bandingkan. Antara lain dari Vivo dengan V9 6 GB, Samsung dengan Galaxy A8 Star-nya, dan Xiaomi dengan Mi A2-nya yang hadir sebagai smartphone Android murni.

Vivo V9 6 GB, Samsung Galaxy A8 Star, Xiaomi Mi A2
Tabel perbandingan spesifikasi umum Vivo V9 6 GB, Samsung Galaxy A8 Star, dan Xiaomi Mi A2. Ketiga smartphone hadir dengan prosesor sama, yakni Qualcomm Snapdragon 660. (JawaPos.com)

Perlu dicatat, smartphone yang JawaPos.com bandingkan hanya merujuk pada spesifikasi yang ada. Belum sampai kepada tahap pengujian atau review lanjutan. Lalu, bagaimana perbedaan antara ketiga smartphone tersebut lebih jauh? Berikut rangkuman JawaPos.com untuk kamu.

Pertama, mengawali langkah perbandingan ini, kami mulai dari urusan yang paling krusial. Ya, dialah sektor dapur pacunya. Dari segi prosesor, karena berangkat dari kesamaan, sudah tentu ketiga smartphone ini hadir dibekali chipset bikinan Qualcomm yakni Snapdragon 660. Urusan penyimpanan, kami akan memulai dari yang pertama hadir di Indonesia. Ya, smartphone yang resmi dibawa langsung oleh pabrikan, bukan distributor yakni Vivo V9 6 GB.

Sedikit bercerita soal Vivo V9 6 GB, ponsel pintar tersebut sejatinya merupakan sebuah pembaruan dari Vivo V9 biasa yang meluncur akhir Maret lalu di Jogjakarta. Sebelumnya, Vivo V9 biasa yang dibawa ke Indonesia merupakan versi downgrade alias mengalami penurunan spesifikasi dari yang meluncur di India. Untuk prosesor misalnya, Vivo V9 versi global hadir dengan prosesor Snapdragon 626, namun ketika hadir di Indonesia justru hadir hanya dengan Snapdragon 450.

Apa yang dilakukan Vivo sempat menjadi cibiran berbagai kalangan. Apalagi kalau bukan karena downgrade di sektor prosesor dan kameranya. Seperti sadar dengan hal tersebut, Vivo kemudian melakukan penyegaran line-up V9 dengan menghadirkan V9 6 GB.

Seperti namanya, smartphone tersebut hadir dengan RAM 6 GB yang dipadukan dengan prosesor Snapdragon 660. Untuk penyimpanan internalnya sendiri, Vivo V9 6 GB dibekali dengan kapasitas simpan sebesar 64 GB yang bisa diperluas dengan Micro-SD.

Beralih ke Samsung, ada Galaxy A8 Star yang menyusul di urutan selanjutnya untuk smartphone dengan sokongan Snapdragon 660. Smartphone ini dikenalkan Samsung secara global pada Juli lalu. Kemudian menyusul nangkring di etalase toko di Indonesia sebagai barang sample yang siap dibeli pada 16 Juli hingga resmi dijual mulai 9
Agustus kemarin.

Dari segi chipset memang sama, yakni Snapdragon 660 yang menenagai smartphone ini. Pembedanya dengan kompetitor dalam hal ini Vivo V9 6 GB adalah RAM dan penyimpanan internalnya. Samsung Galaxy A8 Star dilepas dengan kombinasi RAM dan penyimpanan internal sebesar 4 GB dan 64 GB. Sama seperti Vivo V9 6 GB, sektor penyimpanan internalnya bisa diekspansi dengan menggunakan
Micro-SD.

Sementara yang ketiga ada Xiaomi dengan Android murninya, yakni Mi A2. Xiaomi Mi A2 sendiri memang belum hadir di pasar ponsel cerdas tanah air. Namun hampir dapat dipastikan bahwa Xiaomi akan membawa ponsel ini ke Indonesia dalam waktu dekat.

Bicara penyimpanan, Xiaomi hadir dengan kombinasi RAM dan penyimpanan internal berbeda. Tercatat, ada varian RAM dari Xiaomi Mi A2 yang dikenalkan di Madrid, Spanyol, akhir bulan lalu, yakni hadir dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB. Sementara penyimpanan internalnya yakni 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Belum jelas varian mana yang akan dibawa Xiaomi ke tanah air. Apakah hanya satu atau keseluruhannya.

Bicara Snapdragon 660, Qualcomm sebagai pembuat perangkat prosesor ini pernah bicara bahwa prosesor yang dikenalkan pada pertengahan tahun lalu ini sudah mendukung kemampuan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan Pembelajaran Mesin atau Machine Learning. Chipset Snapdragon yang sudah support AI dan Machine Learning lainnya adalah seri 845, 835, 821, 820, dan 660.

Bergeser ke area lainnya, yakni layar. Vivo V9 6 GB hadir dengan bentang layar seluas 6,3 inci. Resolusinya sendiri memiliki 1080 x 2280 piksel dengan aspek rasio layar ke bodi mencapai 85,2 persen. Mendukung kesan kekinian, tidak lupa disematkan poni pada bagian atas layar smartphone ini.

Samsung Galaxy A8 Star memiliki bentang seluas 6,3 inci infinity display bermaterial AMOLED dengan kualitas FullHD Plus resolusi 2.220 x 1.080 piksel. Lainnya dari segi desain dan layar, Samsung Galaxy A8 Star memiliki aspek rasio layar ke bodi sebesar 80,6 persen dengan rasio 18,5:9.

Sementara Xiaomi Mi A2 hadir dengan bentang layar seluas 5,99 inci dengan resolusi 1.080 x 2.160 piksel serta screen ratio to body sebesar 18:9. Berbeda dengan Vivo V9 6 GB, layar kekinian dengan poni absen di Galaxy A8 Star dan Mi A2.

Dari faktor layar, ketiga smartphone ini terlihat bahwa Xiaomi menjadi yang paling kecil untuk ukuran bentang layar. Bagaimana tidak, ketika Vivo V9 6 GB dan Samsung Galaxy A8 Star 'pede' dengan bentang layar 6,3 inci, namun Xiaomi Mi A2 harus rela kalah untuk ukuran layar yang hanya sebesar 5,99 inci.

Kali ini beralih ke salah satu fitur yang juga paling banyak menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih smartphone, yakni kamera. Untuk urusan kuantitas, ketiga smartphone ini sama-sama hadir dengan jumlah kamera yang sama. Baik Vivo, Samsung, dan Xiaomi sama-sama hadir dengan konfigurasi tiga kamera. Jumlah tersebut terbagi atas dua kamera utama di bagian belakang dan satu kamera penunjang kebutuhan selfie di bagian depan.

Urusan resolusi dan kemampuan menembak gambar, Vivo V9 6 GB hadir dengan kamera utama ganda dengan masing-masing memiliki resolusi 13 MP dan 2 MP. Sementara pada bagian depan tersemat kamera beresolusi 12 MP. Meskipun kamera depan Vivo V9 6 GB terbilang kecil, namun kameranya sudah mendapatkan sejumlah peningkatan yang diklaim tidak memengaruhi kualitas gambar walaupun resolusinya kecil.

Setiap piksel pada masing-masing lensa terdiri dari 2 photodiode (2PD) terpisah dan 24 juta unit fotografis. Sensor Dual Pixel pada Vivo V9 6 GB dikatakan memungkinkan fokus otomatis bekerja dan beradaptasi lebih cepat, bahkan saat objek gambar berubah. Beberapa peningkatan lain pada sektor kamera, apalagi kalau bukan mengandalkan AI untuk pemrosesan gambar agar lebih ciamik.

Masih dari sektor kamera, kini bergeser ke Samsung Galaxy A8 Star. Bicara kehebatan, Samsung Galaxy A8 Star diklaim memiliki keunggulan pada sektor kameranya dengan tajuk 'Next Powerful Camera'. Samsung Galaxy A8 Star dibekali dengan dual lens camera 24 dan 16 MP dengan aperture f/1.7 pada sektor kamera utamanya. Sementara ada kamera dengan resolusi 24 MP pada bagian depannya dengan aperture f/1.7.

Kedua buah lensa kamera 16 dan 24 MP pada Samsung Galaxy A8 Star dibekali dengan Intelligent Switching. Fitur tersebut diklaim mampu secara otomatis dapat berganti sesuai dengan kondisi pencahayaan. Pada kondisi terang, kamera 16 MP akan menghasilkan gambar yang jelas dan lebih vivid, sedangkan pada kondisi minim cahaya, kamera 24 MP akan mengambil alih untuk menangkap lebih banyak cahaya dan mengurangi
noise.

Selain kemampuan kamera belakang, kamera depan dari Samsung Galaxy A8 Star juga dikatakan memberikan pengalaman selfie berkualitas dengan resolusi 24 MP. Bahkan Samsung Galaxy A8 Star juga diklaim mampu menghasilkan kualitas video UHD 4K (3840x2160) dengan frame-rate 30fps.

Terakhir untuk sektor kamera, kini giliran Xiaomi Mi A2. Xiaomi Mi A2 untuk kamera belakangnya memiliki resolusi yakni 12 MP dan 20 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara kamera selfie-nya memiliki resolusi 20 MP dengan aperture f/2.2.

Dari perbandingan resolusi kamera, Samsung Galaxy A8 Star lebih unggul dari rivalnya asal Tiongkok, Vivo dan Xiaomi. Betapa tidak, berdasarkan angka di atas, Samsung pada kamera belakang lebih unggul dengan angka 16 MP dan 24 MP. Sementara untuk kamera swafotonya juga terbilang besar ketimbang Vivo dan Xiaomi yakni 24 MP.

Perbandingan selanjutnya dari ketiga smartphone ini adalah urusan daya. Peforma tanpa daya tidak akan jadi apa-apa, bukan? Vivo V9 6 GB dibekali dengan baterai berkapasitas 3.260 mAh, sedangkan Samsung Galaxy A8 Star memiliki kemampuan baterai berdaya 3.700 mAh. Baterai yang diusung Samsung menjadi pemenang di antara lawannya, Vivo dan Xiaomi. Sebab, Xiaomi Mi A2 hanya membekali unitnya dengan baterai berdaya 3.000 mAh saja.

Terakhir, menjadi urusan yang paling mendasar bagi pertimbangan pembeli kebanyakan. Ya, urusan kantong. Bicara harga, ketiga smartphone di atas masing-masing memang memiliki ragam keunggulan meskipun dari segi prosesornya sama. Vivo V9 6 GB dibanderol mulai harga Rp 4,2 jutaan. Sementara Samsung Galaxy A8 Star dengan segala keunggulannya sesumbar melepas smartphone-nya di kisaran angka Rp 7,9 jutaan.

Bagaimana dengan Xiaomi? Xiaomi Mi A2 sendiri seperti dijelaskan di atas, belum hadir di pasar tanah air. Namun berdasarkan informasi dari beberapa sumber terdekat, Xiaomi Mi A2 dipastikan hadir tak lama lagi di Indonesia.

Omong-omong harga pun masih gelap. Sebagai gambaran, Xiaomi Mi A2 di India dilepas dengan harga mulai Rp 3,5 jutaan untuk varian RAM 4 GB dan 64 GB internal storage. Harga di India tersebut biasanya tidak jauh dari Indonesia.

Bagaimana, sudah ada gambaran smartphone mana yang ingin sobat JawaPos.com beli? Nantikan artikel menarik lainnya seputar teknologi dari kanal Teknologi JawaPos.com.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up