JawaPos Radar

Apple Watch Series 4 Bisa Deteksi Penyakit hingga Panggil Rumah Sakit

13/09/2018, 03:49 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Apple Watch, Apple Watch 4, Apple Watch Series 4
Apple Watch Series 4. (Apple)
Share this

JawaPos.com – Apple tidak hanya mengumumkan hadirnya trio iPhone terbaru yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Melalui hajatan yang digelar di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California, Amerika Serikat (AS), Apple turut mengumumkan jam pintar alias smartwatch terbaru, yakni Apple Watch Series 4.

COO Apple Jeff Williams mengatakan, Apple Watch Series 4 setiap inci desainnya merupakan sebuah pembaruan. “Apple Watch Series 4 dibangun ulang dan ini sangat cantik. Layar, speaker, desain, fitur semuanya benar-benar baru,” ujar Williams di acara peluncuran produk terbaru Apple, Rabu (12/9) waktu setempat.

“tidak hanya cantik, ini benar-benar fungsional dan membuat konsumen benar-benar terkoneksi dengan baik bersama perangkat ini,” imbuh Williams.

Apple Watch, Apple Watch 4, Apple Watch Series 4
Apple Watch Series 4. (Apple)

Dia menerangkan bahwa Apple Watch Series 4 memiliki fitur yang baru lainnya, yakni bisa mendeteksi bahaya. Misalnya saat pengguna kehilangan keseimbangan dan berpotensi jatuh, perangkat ini bisa mengingatkan. Bahkan ketika user terjatuh atau kecelakaan, Apple Watch Series 4 bisa otomatis menghubungi pihak terkait dalam hal ini rumah sakit guna memanggil bantuan darurat.

Tidak berhenti di situ, Apple Watch Series 4 juga membawa fitur kunci yang diklaim benar-benar berguna dan belum ada di produk kompetitor. Fitur dimaksud adalah fitur Electrocardiogram (ECG).

Secara sederhana, hadirnya fitur ECG pada Apple Watch Series 4 ini memungkinkan pengguna untuk mendeteksi penyakit atau kelainan jantung sejak dini dengan hitungan detak jantung (heart rate). Hitungan tersebut akan dikalkulasi oleh sistem kemudian ditampilkan dalam smartwatch dan bisa dijadikan rujukan bagi pengguna.

Lainnya dari Apple Watch Series 4 adalah pada bagian layar smartwatch ini lebih lega 30 persen ketimbang Serie 3. Apple juga menyebut bahwa Watch Series 4 dibekali prosesor dual-core 64-bit S4 yang diklaim dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Peningkatan hardware lainnya terletak pada akselerometer dan giroskop serta pemindai Electrocardiogram (ECG) seperti yang sudah disinggung di atas untuk merekam aktivitas jantung. Fitur tersebut bisa diakses pada digital crown di bagian samping dengan sentuhan jari pengguna.

Apple Watch Series 4 juga sudah dibekali operating system (OS) terbaru yakni WatchOS 5. OS terbaru diklaim sudah mengalami sentuhan ulang guna memaksimalkan layar dan menampilkan lebih banyak informasi seperti foto, peta, dan kalender. Kendati layarnya lebih lega, dimensi Watch Series 4 lebih tipis dari seri sebelumnya karena mengusung konsep bezel-less seperti smartphone kekinian.

Apple Watch Series 4 dilepas mulai harga USD 399 atau sekitar Rp 5,9 jutaan untuk versi GPS dan USD 499 atau sekira Rp 7,4 jutaan untuk model GPS + LTE. Smarwatch Series 4 Apple terbaru bisa dipesan mulai Jumat (14/9) baru di pasar AS saja.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up