alexametrics
Kali Pertama di PN Surabaya

Ayah Berjuang agar Anak dari Pernikahan Siri Dapat Warisan, Berhasil

28 Februari 2021, 11:03:59 WIB

Ini merupakan kasus pertama di Pengadilan Negeri Surabaya. BS bisa tercatat secara hukum sebagai ayah kandung dari TT, anak biologisnya, meski dulu hanya menikah siri dan mantan istrinya kini sudah bersuamikan orang lain. BS ingin anak yang tidak diasuhnya itu bisa mewarisi hartanya.

BS mendapat wasiat dari ayahnya agar mengakui secara hukum anaknya yang lahir di luar nikah. Pesan ayahnya itu mendorong pengusaha properti tersebut untuk mengajukan permohonan pengesahan anak di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Selama ini nama BS tidak tercatat sebagai ayah kandung di akta kelahiran anaknya yang sudah berusia sembilan tahun.

”Itu pesan papanya (ayah BS, Red) sebelum meninggal. Untuk membuktikan anak ini anaknya dia, kan harus ada hitam di atas putih,” ujar pengacara BS, Elok Dwi Kadja.

BS menikah secara agama dengan pasangannya di gereja pada 2011. Namun, pernikahan itu tidak mendapatkan restu dari keluarga pasangannya. Keduanya pun tidak bisa mencatatkan pernikahan sesuai peraturan perundang-undangan karena dokumen-dokumen kependudukan dibawa pihak keluarga pasangannya.

Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai seorang anak. Namun, anak itu tidak bisa dicatatkan sebagai anak dari BS karena menikah siri. ”Anak ini punya akta kelahiran. Di sana hanya tertulis nama mamanya, tanpa ada nama papanya karena lahir di luar nikah,” katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gas/c12/eko




Close Ads