alexametrics

Masyarakat Sejarah Usul Perubahan Nama Alun-Alun Kota Surabaya

13 Januari 2022, 16:04:44 WIB

JawaPos.com- Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Jawa Timur, belakangan usul perubahan nama Alun-Alun Kota Surabaya. Sebab, nama tersebut dinilai menenggelamkan identitas Balai Pemuda dan tidak sesuai dengan histori Surabaya.

Menurut Nanang Purwono, pegiat sejarah dari Begandring Soerabaia, usul tersebut berdasar hasil wawancara dengan sejumlah pengunjung Alun-Alun Surabaya. Video wawancara tersebut ditayangkan pada webinar Selasa malam (11/1). Dalam video tersebut, pengunjung rata-rata tidak mengetahui tentang Balai Pemuda maupun letak Alun-Alun Surabaya yang asli.

Menurut catatan sejarawan Surabaya yang tergabung dalam MSI Jatim, Alun-Alun Surabaya sebenarnya berlokasi di Tugu Pahlawan. Sedangkan Balai Pemuda memiliki catatan sejarah yang penting. Menjadikan bangunan bersejarah itu sebagai ikon modernisasi Surabaya dirasa kurang tepat.

”Dalam beberapa hari Alun-Alun Surabaya itu dibuka sudah menenggelamkan fakta sejarah Balai Pemuda dan alun-alun yang pernah ada di Tugu Pahlawan,” ungkapnya.

Temuan tersebut juga dinilai miris oleh anggota tim Cagar Budaya Surabaya Handinoto. ”Pengetahuan sejarah masyarakat pada umumnya, terutama masyarakat Surabaya, sangat rendah. Dengan tidak mengerti sejarah di kotanya sendiri, akibatnya seperti ini,” paparnya.

Sementara itu, sebagai solusi jangka pendek, MSI Jatim mengusulkan agar nama Alun-Alun Surabaya itu diubah. Misalnya dengan mengganti nama Alun-Alun Surabaya menjadi alun-alun simpang atau tetap dengan nama Balai Pemuda.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : deb/c13/ai

Saksikan video menarik berikut ini: