alexametrics

Selamatkan Arsip Lawas Rhoma Irama, RRI Surabaya Restorasi Aset Audio

10 Maret 2021, 20:10:54 WIB

JawaPos.com – Restorasi arsip berupa audio dilakukan Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya. Upaya itu bertujuan menyelamatkan aset audio yang memiliki nilai sejarah. Mulai pidato tokoh penting hingga lagu-lagu yang mewarnai sejarah belantika musik tanah air.

Ribuan arsip audio itu berupa kaset dan piringan hitam atau vinyl. Semuanya tersimpan rapi di salah satu ruangan RRI Surabaya. Mulai lagu luar hingga dalam negeri. Bahkan, salah satu piringan dibuat pada 1920. Isinya adalah komposer musik Barat.

Music Director RRI Surabaya Pataka Swahara Sanja mengatakan, restorasi digital adalah memindai audio yang ada di vinyl atau kaset ke dalam format MP3. Tujuannya, bisa didengar kembali oleh generasi sekarang. Sebab, belantika musik tanah air memiliki cerita yang panjang. Tidak semua bisa diketahui banyak orang.

Misalnya, kata Ata, sapaan akrab Pataka Swahara Sanja, Rhoma Irama tidak langsung muncul dengan musik dangdut yang sekarang ini. Tapi, diawali orkes Melayu. Sayangnya, saat itu tidak laku sehingga beralih ke dangdut.

Nah, hal tersebut tentu satu di antara banyak cerita perjalanan musik di Indonesia. Karena itu, banyak sekali arsip yang akan direstorasi ke bentuk digital sehingga bisa diputar di radio dan didengarkan masyarakat.

Piringan hitam orkes Melayu bentukan Rhoma Irama tersebut belum tentu ada di pasaran. Termasuk sang raja dangdut pun belum tentu memilikinya. ’’Jadi, memang banyak arsip audio ini yang belum diketahui orang,’’ terang Ata.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads