alexametrics

Revitalisasi Rampung, Stasiun Semut Tunggu Diresmikan

4 Mei 2020, 03:48:03 WIB

JawaPos.com – Proyek revitalisasi Stasiun Surabaya Kota atau Stasiun Semut rampung. PT KAI telah menuntaskan perbaikan bangunan cagar budaya (BCB) di kompleks stasiun legendaris tersebut. BCB siap difungsikan untuk penumpang kereta api (KA).

Dari pengamatan kemarin (2/5), tidak ada lagi aktivitas pembangunan di Stasiun Surabaya Kota. Proyek tempat parkir kendaraan sudah selesai. Begitu pula belasan toilet anyar yang dimodel bangunan lawas.

Meski begitu, PT KAI masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah. Sarana pelayanan di dalam gedung belum terpasang. Misalnya, peralatan kasir dan penukaran tiket. Saat ini bangunan masih kosong.

Saat dikonfirmasi, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menjelaskan bahwa penataan Stasiun Semut memang sudah selesai. Seluruh fisiknya telah selesai diperbarui. ”Tinggal peresmian saja,” katanya.

Lantas, kapan BCB akan dioperasikan? Suprapto belum mengetahui secara jelas. Hingga kini, belum ada jadwal terkait dengan peresmian sarana pelayanan. ”Sekarang masih pandemi Covid-19. Kami menunggu perkembangannya,” tambahnya.

Dia mengungkapkan, skenario terkait dengan stasiun tidak berubah. Ke depan, stasiun yang dibangun pada 1878 itu bakal menjadi pusat komuter atau kereta lokal di Surabaya. Di sana akan dipakai untuk melayani masyarakat yang bepergian antardaerah di Jatim.

KAI akan memindahkan seluruh aktivitas layanan dari gedung Indo Plaza. BCB yang baru diperbaiki akan menjadi tempat utama untuk pelayanan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/c12/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads