alexametrics

Gantikan Lewis Hamilton, Pembuktian Besar bagi George Russell

3 Desember 2020, 19:57:28 WIB

JawaPos.com − Mercedes mengambil keputusan pragmatis setelah jagoan mereka, Lewis Hamilton, terinfeksi Covid-19. Hamilton harus absen pada race kedua di Sirkuit Internasional Bahrain akhir pekan ini (6/12).

Selanjutnya, George Russell akan menggantikan peran Hamilton.

Russell merupakan bagian dari program pembalap junior Tim Silver Arrows sejak 2017. Dua musim terakhir, Russell berjuang keras bersama Williams. Sayang, dia belum sekali pun mendulang poin bersama Williams di ajang F1.

Bahkan, dia lebih sering menjadi penghuni papan bawah. Dalam laman resmi Mercedes AMG F1, Team Principal Mercedes Toto Wolff berterima kasih kepada Williams yang mau melepas Russell untuk menggantikan Hamilton.

’’Komunikasi dengan Williams berlangsung positif dan pragmatis, dan itu menjadi faktor kunci dalam mencapai kesepakatan ini,” papar Wolff.

Mercedes dan Williams punya keterkaitan. Sejak 2014, Williams menggunakan suplai power unit dari Mercedes. Wolff menegaskan, Russell bakal menjalankan tugas berat. Dia butuh transisi yang mulus dari Williams ke W11 Mercedes.

Namun, GP Sakhir akhir pekan ini akan menjadi momen pembuktian buat Russell. Apakah dia bisa memanfaatkan peluang melaju di barisan terdepan dengan dukungan mobil Mercedes yang superkencang atau malah sebaliknya. ’’Aku optimistis dia akan memberikan penampilan terbaiknya bersama Valtteri (Bottas),” lanjut Wolff.

Di level junior, Russell merupakan pembalap potensial. Dia adalah juara GP3 (sekarang F3) pada 2017. Setahun berikutnya, dia menjadi kampiun di F2. Sayang, ketika memulai debut di F1, dia tidak mendapatkan mobil terbaik di grid. Padahal, pembalap seangkatannya di F2 seperti Lando Norris dan Alexander Albon sudah mendapatkan podium di ajang F1.

Membalap bersama Mercedes tentu menjadi satu peluang besar bagi Russell untuk mendapatkan poin dan podium pertamanya di F1. ”Aku melihat ini sebagai peluang besar untuk belajar dari tim terbaik di grid saat ini, dan kembali sebagai pembalap yang lebih baik. Dengan lebih banyak energi dan pengalaman untuk membantu Williams,” terang Russell dilansir laman resmi Williams.

’’Tentu saja, tidak ada yang bisa menggantikan Lewis (Hamilton), tetapi aku akan memberikan kemampuan terbaikku untuk Mercedes,” lanjut pemuda 22 tahun tersebut.

Pada GP Bahrain Minggu (29/11), Russell hanya mampu finis ke-12. Pada sesi kualifikasi, dia berhasil menembus kualifikasi kedua dan memulai balapan dari posisi ke-14.

Terpisah, Williams memutuskan menggunakan tenaga pembalap cadangan Jack Aitken untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Russell. Aitken merupakan pembalap F2 yang musim ini berjuang dengan tim Campos Racing.

Pembalap Inggris itu antusias menyambut debutnya di pentas F1. ’’Aku akan melakukan semuanya untuk mempersiapkan diri dalam beberapa hari mendatang,” ucapnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c17/bas


Close Ads