JawaPos Radar

Piala Asia U-19 2018

Timnas U-19 Bisa Taklukkan Jepang, Jika Melakukan Syarat-syarat Ini

26/10/2018, 16:01 WIB | Editor: Agus Dwi W
timnas u-19
Timnas U-19 tetap berpeluang lolos ke semifinal dengan mengalahkan Jepang. (Chandra Satwika/Jawa Pos)
Share this

Jawapos.com - Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga hidup mati demi tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan. Egy Maulana Vikri cs hadapi Jepang di babak perempat final Piala Asia U-19 2018, Minggu (28/10). Tentu pertandingan tersebut akan menjadi laga tersulit yang dihadapi Garuda Nusantara, mengingat kualitas pemain Jepang di atas kertas lebih bagus.

Banyak yang menilai, Timnas U-19 tak akan mampu melewati adangan Jepang yang jauh lebih matang dalam hal persiapan maupun kekuatan yang dimiliki. Namun, mantan striker tim PSSI Primavera, Indriyanto Nugroho menilai sebaliknya. Indonesia masih memiliki peluang untuk meraih kemenangan atas Jepang.

"Pada dasarnya semua pemain di level U-19 ini masih sama secara kemampuan, namun ada pembeda lain. Yang pintar memainkan ritme permainan dan strategi itu jadi pembeda. Tapi ini kandang kita sendiri, Jepang tidak punya faktor itu," jelas Indriyanto.

Untuk bisa meraih pembeda tersebut, para pemain tim Garuda Nusantara harus bermain dengan cerdas. Mereka harus memanfaatkan keunggulan yang dimiliki agar dapat meraih hasil yang optimal. Pemain yang pernah membuat heboh karena terkait 'transfer 100 rupiah' ini pun memberi sedikit masukan.

"Jangan mengikuti ritme mereka. Kita punya keunggulan di kecepatan, teknik, dan skill, itu yang harus dimaksimalkan. Jangan terbawa cara bermain Jepang," bebernya.

Lebih lanjut Indriyanto yakin Jepang juga sudah memiliki skema untuk mengantisipasi strategi racikan Indra Sjafri. Mereka juga pasti sudah menyiapkan strategi untuk mematikan pemain-pemain kunci Timnas U-19.

"Pasti Jepang sudah membaca pemain-pemain kunci. Mereka sudah tahu Witan, Egy, dan Saddil, Mereka pasti akan dimatikan langkahnya nanti. Saya berharap coach Indra membuat strategi yang membuat Jepang kewalahan," ujarnya.

Sekadar info, laga antara Timnas Jepang U-19 kontra Indonesia U-19 akan berlangsung pada Minggu (28/10) lusa. Pertandingan tersebut akan bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pemenang dari laga ini akan meraih satu tempat di babak semifinal Piala Asia U-19. Sekaligus memastikan tiket menuju Piala Dunia U-20 tahun depan.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up