JawaPos Radar

Liga 1 2018

Prediksi Persib vs Persebaya: Pembuktian Kualitas Dua Winger Timnas

20/10/2018, 07:49 WIB | Editor: Agus Dwi W
persib vs persebaya
Persib vs Persebaya harus dilangsungkan tanpa penonton. (Angger Bondan/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com – Pertemuan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya pada pekan ke-26 Liga 1 2018 ini memunculkan satu kesamaan. Kedua tim sama-sama tanpa striker asingnya. Persib kurang garang tanpa Ezechiel N’Douassel dan Jonathan Bauman. Sedangkan Persebaya jadi buaya ompong sejak kehilangan David da Silva.

N’Douassel dan Bauman masih menjalani hukuman larangan bermain yang dijatuhkan oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Keduanya telah absen pada dua laga Persib, yakni melawan Madura United dan Persipura Jayapura.

Absennya N’Douassel dan Bauman memberi dampak besar kepada performa Maung Bandung-julukan Persib. Mereka hanya mencetak dua gol saja dalam laga melawan Madura dan Persipura.

liga 1 2018
Febri Hariyadi bakal adu tajam dengan Irfan Jaya yang sama-sama jadi andalan Timnas Indonesia. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)

Bagaimana dengan Persebaya? Kehilangan David da Silva memperparah kondisi tim berjuluk Green Force ini. Persebaya bak anak ayam yang kehilangan induknya. Lini serang mereka mendadak tumpul. Sang buaya menjadi ompong.

Nah, tanpa N’Douassel dan Baumann, Persib akan mengandalkan penyerang-penyerang lokal, yakni Muchlis Hadi Ning Syaifullah dan Airlangga Sucipto. Selain itu, kekuatan lini depan Maung Bandung kian bertambah dengan kehadiran winger andalan Febri Hariyadi yang sudah kembali dari tugas membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Kehadiran Bow-sapaan akrab Febri, membuat pelatih Mario Gomez bisa sedikit bernapas lega. Gomez semakin girang karena Febri dalam kondisi bugar dan siap tempur melawan Persebaya, Sabtu (20/10) malam.

“Komposisi tim kami akan lebih kuat dari pertandingan sebelumnya,” ucap juru taktik asal Argentina ini dalam laman resmi klub.

Febri sendiri mengaku sudah sangat siap untuk menghadapi Persebaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. “Kami ingin memenangkan pertandingan dan mempertahankan posisi puncak klasemen,” tegasnya.

Selain Febri, pemain lain yang siap diturunkan melawan Persebaya adalah Dedi Kusnandar. “Musim ini Dedi sangat kami andalkan di tengah. Tim kami semakin kuat meskipun tidak ada pemain asing yang bermain nanti. Tidak masalah,” imbuh Gomez.

Seperti halnya Persib, Persebaya juga menyambut gembira kembalinya Irfan Jaya ke tim. Sama seperti Febri, Irfan Jaya cukup lama absen karena memperkuat Timnas. Sekarang pesepak bola 22 tahun itu bisa dimainkan melawan Persib.

Menurut pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman, kehadiran Irfan Jaya adalah pelipur lara atas absennya David da Silva. Irfan akan beroperasi di sektor sayap kiri. Bukan tidak mungkin ia akan berduel dengan Febri, rekannya di Timnas.

Djadjang juga memerintahkan Irfan Jaya untuk menjebol gawang Persib. “Kami pesan ke Irfan, dia bermain bagus buat Timnas juga harus bagus buat klub,” pinta pelatih yang akrab disapa Djanur ini.

Duel dua sayap Timnas tak akan terhindarkan saat Persib menjamu Persebaya di Stadion Kapten i Wayan Dipta, Gianyar. Menjadi laga pembuktian kualitas dua pemain yang sama-sama jadi andalan lini serang di klub maupun Timnas. 

5 Pertemuan Terakhir
25/05/04: Persib 1-0 Persebaya 
23/01/10: Persib 4-2 Persebaya 
14/02/10: Persebaya 2-1 Persib
13/05/10: Persebaya 0-0 Persib
26/07/18: Persebaya 3-4 Persib

Hasil 5 Laga Kandang Persib:
Persib vs Persela: 1-0
Persib vs Sriwijaya FC: 2-0
Persib vs Arema: 2-0
Persib vs Persija: 3-2
Persib vs Madura United: 1-2

Hasil 5 Laga Tandang Persebaya:
Arema vs Persebaya: 1-0
Sriwijaya FC vs Persebaya: 3-3
Barito Putera vs Persebaya: 3-2
Perseru Serui vs Persebaya: 3-1
PSIS Semarang vs Persebaya: 1-0

Prakiraan Susunan Pemain
Persib Bandung (4-2-3-1): M. Natshir;  Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Syukur Fisabillah, Ardi Idrus;
Dedi Kusnandar, Hariono; Ghozali Siregar, Eka Ramdani, Febri Hariyadi; Muchlis Hadi
Pelatih: Mario Gomez

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra; Oktafianus Fernando, Otavio Dutra, O.K John, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, M. Hidayat, Osvaldo Haay; Irfan Jaya, Ferinando Pahabol, Rishadi Fauzi
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Prediksi JawaPos.com 
Persib menang: 45%
Persebaya menang: 35%
Seri: 20%

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up