alexametrics

Respons Pemain Jepang di Tengah Menggilanya Virus Korona di Indonesia

17 Juli 2021, 13:17:19 WIB

JawaPos.com – Persebaran virus Covid-19 yang makin menjadi di Indonesia membuat banyak warga Jepang yang kembali ke negaranya. Bahkan difasilitasi untuk pulang. Lantas, bagaimana nasib pesepak bola Jepang yang merumput di Liga 1?

Sejauh ini, terdapat empat pemain asing asal Jepang. Yaitu, Taisei Marukawa (Persebaya Surabaya), Renshi Yamaguchi (Arema FC), Takuya Matsunaga (Persipira Jayapura), dan Shori Murata (Persiraja Banda Aceh).

Takuya Matsunaga memilih menetap di Indonesia. Pemain 31 tahun itu tidak mau ambil risiko untuk pulang. Meski, ada program vaksinasi dari pemerintahan Jepang.

Pemain Arema FC asal Jepang Renshi Yamaguchi. (Dharmono/Radar Malang)

”Karena infonya kompetisi (Liga 1, Red) bisa bergulir pada Agustus. Kalau saya pulang (ke Jepang), nanti malah repot lagi,” kata gelandang Persipura Jayapura itu kepada Jawa Pos.

Pemain yang akrab disapa Taki itu memang berharap kompetisi tidak ditunda lagi. Tapi, kalau ditunda lagi, dia memastikan bakal langsung meninggalkan Indonesia. Tapi, bukan untuk pulang ke Jepang.

”Saya akan langsung terbang ke Estonia,” ungkap pemain yang pernah membela Kalteng Putra tersebut.

Saat ini Taki memang berdomisili di negara yang terletak di Eropa Utara itu. Januari lalu, Taki baru saja mempersunting gadis asal Estonia, Kaisi Alt. Keduanya kemudian memilih untuk tinggal dan menetap di Estonia. Karena itu, kemungkinan besar Taki tidak akan pulang ke Jepang.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/gus/rid/c13/ali

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads