JawaPos Radar

Liga 1 2018

Tundukkan Arema 2-0, Persib Kokoh di Puncak Klasemen Sementara Liga 1

13/09/2018, 18:35 WIB | Editor: Agus Dwi W
persib bandung
Atep membuka kemenangan melalui gol sentuhan pertamanya di laga versus Arema. (persib.co.id)
Share this

JawaPos.com - Tensi tinggi langsung terasa sejak awal pertandingan antara Persib Bandung melawan Arema FC, Kamis (13/9) petang. Bermain di hadapan puluhan ribu Bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), ternyata tak membuat para penggawa Arema tertekan. Justru mereka terlihat percaya diri.

Faktanya, Arema yang berkostum merah-merah mampu meraih kesempatan pertama dalam pertandingan ini. Sebuah miskomunikasi di pertahanan Maung Bandung nyaris berbuah blunder hanya dua menit sejak kick off.

Bola yang mengarah kepada M Natshir sempat dikejar Dedik Setiawan. Beruntung Natshir lebih cepat hingga peluang Arema tersebut tak berbuah gol.

liga 1 2018
Kemenangan atas Arema membawa Persib kembali ke puncak klasemen sementara Liga 1 2018. (liga-indonesia.id)

Tensi tinggi di laga ini bisa terlihat dari sejumlah pelanggaran yang dilakukan kedua kubu. Salah satu pelanggaran bahkan berbuah kartu kuning bagi winger Persib, Agung Mulyadi.

Kembali, Arema mampu membuat pertahanan Persib kocar-kacir di menit 12. Sebuah pergerakan Makan Konate sempat melahirkan screamage di kotak penalti Persib. Konate pun mendapat kesempatan melakukan tendangan yang masih bisa diblok Dedi Kusnandar.

Persib baru mendapat peluang pertamanya pada menit 18. Pergerakan cantik Ghozali dilanjutkan dengan umpan kepada Ezechiel. Melakukan dua kali tekukan, striker impor Persib ini mengirim umpan silang ke depan gawang Arema. Sayang, bola melintas di belakang Joni Bauman yang sudah menunggu di depan gawang Singo Edan.

Peluang emas kembali didapat Persib di menit 30. Sebuah umpan silang Oh Inkyun dari situasi set pieces di sisi kanan pertahanan Arema disambut dengan sundulan keras Ezechiel. Sayang, sundulannya hanya mengarah tipis di samping tiang gawang.

Melewati 30 menit pertandingan, Persib mulai bisa lebih mendominasi. Meski tekanan masih kurang bervariasi karena lebih banyak dilakukan dari sisi kiri. Sementara Arema coba membalas dengan serangan balik dan diakhiri tendangan jarak jauh.

Tekanan yang terus menerus dilakukan Persib akhirnya membuahkan hasil pada menit 43. Kombinasi pergerakan Bauman dengan Ghozali membuahkan hasil maksimal. Atep yang baru masuk langsung melakukan sentuhan pertamanya di laga ini dengan sebuah sepakan kaki kiri yang menggoyang gawang Arema.

Ezchiel nyaris menggandakan keunggulan di masa injury time. Namun, lagi-lagi sundulannya hanya mengarah tepat ke tiang gawang. Kedudukan 1-0 menjadi akhir dari babak pertama.

Di awal babak kedua, Persib langsung menggebrak pertahanan Arema. Sejumlah tekanan dari berbagai arah coba dilakukan pasukan Maung Bandung. Namun belum menciptakan peluang berbahaya.

Dalam 10 menit awal babak kedua, Maung Bandung sudah mendapatkan dua tendangan sudut dan satu tendangan bebas. Namun ketiga peluang ini masih belum menambah keunggulan mereka dari Arema FC.

Pada tendangan sudut ketiga yang didapat Persib di babak kedua membuat tuan rumah kembali unggul. Kali ini bola disundul oleh Bauman dan sempat mengenai tiang gawang. Bola rebound dikejar Bojan Malisic dan didorong ke dalam gawang. Persib pun unggul 2-0.

Arema tak patah arang. Mereka berusaha mengejar ketingalan. Seperti saat sepakan Makan Konate yang membuat M Natshir harus terbang untuk menyelamatkan gawangnya. Peluang ini belum mampu membuat Arema memperkecil ketinggalan.

Hingga akhirnya wasit pun meniup peluit tanda akhir laga. Persib sukses memenuhi targetnya meraih tiga angka saat melawan Arema. Posisi puncak klasemen sementara Liga 1 2018 pun dipastikan tetap aman bagi Maung Bandung.


Persib 2-0 Arema
(Atep 43', Malisic 62')

Perkiraan susunan pemain
Persib Bandung: M.Natshir, Supardi, Bojan Malisic, V. Igbonefo, Ardi Idrus, Agung M (Atep 42'), Oh Inkyun, Dedi K, Ghozali S (Wanggai 88'), J. Bauman (Hariono 82'), Ezechiel
Pelatih: Mario Gomez

Arema FC: Utam R, Ricky Ohorella (Agil M 22'), Hamka Hamzah, Israel W, Alfin T, Ridwan T (Hardianto 77'), Jefri K (Dendi S 46'), Hendro S, Makan Konate, M. Rafli, Dedik S
Pelatih: Milan Petrovic

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up