alexametrics
Piala Presiden 2019

Prediksi Arema vs Persebaya: Pertarungan Mental

12 April 2019, 06:55:40 WIB

JawaPos.com – Faktor mental akan memegang peranan penting dalam leg kedua final Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (12/4) malam. Tim yang bermental tangguh lah yang akan menjadi jawara turnamen ini.

Gengsi turnamen Piala Presiden 2019 memang tidak sebesar kompetisi. Akan tetapi, karena pada final tahun ini mempertemukan Persebaya Surabaya dengan Arema FC, derajat turnamen ini pun meningkat. Sangat pesat.

Rivalitas antarpendukung, Bonek dan Aremania, menjadi bumbu pada final kali ini. Sistem home and away pada partai final juga ikut membuat turnamen ini semakin seru. Sebab kedua tim, Persebaya dan Arema, berkesempatan menggelar laga kandang.

Sebanyak 50.000 Bonek telah hadir pada gelaran leg pertama di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa (9/4) kemarin. Selanjutnya, 40.000 Aremania bakal membirukan Stadion Kanjuruhan, Jumat (12/4) malam.

Arema memang lebih diuntungkan, karena didukung sejumlah faktor. Pertama, Arema berhasil menahan imbang Persebaya dengan skor 2-2 di Surabaya. Walaupun hanya berbagi satu poin, hasil leg pertama ini benar-benar menguntungkan Arema.

Nah, hasil positif di leg pertama tentu berdampak ke psikologis para pemain. Secara mental, mereka akan lebih percaya diri. Kedua, Arema akan bermain di kandang sendiri, Stadion Kanjuruhan. Dukungan dari Aremania akan memberikan efek besar ke permainan Singo Edan.

“Saya percaya para pemain akan bekerja keras. Saya tegaskan, pertandingan ini tidak akan mudah. Oleh karena itu saya berharap pemain bekerja keras,” tegas Milomir Seslija, nakhoda Arema FC.

Ricky Kayame (kanan) bisa jadi ancaman khusus Persebaya saat away ke kandang Arema dalam leg kedua final Piala Presiden 2019, Jumat (12/4). (Angger Bondan/Jawa Pos)

Di satu sisi, Persebaya tengah diselimuti awan kelabu. Hasil imbang pada leg pertama membuat Green Force dicemooh oleh pendukungnya sendiri, Bonek. Apalagi Persebaya gagal menang karena blunder kiper Miswar Saputra.

Tak bisa dipungkiri, Persebaya tengah berada dalam tekanan. Selain cemooh suporter dan kritik dari media, Persebaya juga harus menghadapi tekanan dari Aremania. Suporter fanatik Arema FC itu selalu membuat semua tamu yang berkunjung ke Kanjuruhan menjadi keder.

Sebab mereka akan menebar ‘teror’ yang memberikan dampak ke mental pemain. Persebaya harus menerima pressure itu. Walaupun kali ini Persebaya harus berjuang sendirian di Malang. Sebab mereka tidak bisa didampingi Bonek.

“Ini bukan urusan teknik sepak bola lagi. Mental kami juga harus kuat. Sebab tim yang bermental paling kuat lah yang akan mengangkat piala di akhir pertandingan,” ucap bek Persebaya Hansamu Yama Pranata.

Menurut Yama, tekanan bukan hanya akan dirasakan oleh Persebaya. Arema pun bakal mengalami hal serupa. Sebagai tuan rumah pada leg kedua, Arema dituntut tampil sempurna oleh para pendukungnya.

Kondisi itu harus bisa dibaca oleh Persebaya. Kuncinya, Green Force harus tampil setenang mungkin. “Sudah lah, lupakan hasil leg pertama. Kami harus bermain lebih rileks di Malang. Usaha maksimal dulu, hasil akhir urusan Tuhan,” tegasnya.

Pertemuan Terakhir
09/04/19: Persebaya 2-2 Arema
06/10/18: Arema 1-0 Persebaya
06/05/18: Persebaya 1-0 Arema
02/03/18: Persebaya 0-2 Arema

5 Pertandingan Terakhir Arema
09/04/19: Persebaya 2-2 Arema
05/04/19: Kalteng Putra 0-3 Arema
02/04/19: Arema 3-0 Kalteng Putra
30/03/19: Bhayangkara 0-4 Arema
13/03/19: Arema 6-1 PersitaPrediksi Arema FC vs Persebaya

5 Pertandingan Terakhir Persebaya
09/04/19: Persebaya 2-2 Arema
06/04/19: Madura United 2-3 Persebaya
03/04/19: Persebaya 1-0 Madura United
29/03/19: Persebaya 3-1 PS TIRA
12/03/19: PS TIRA 0-0 Persebaya

Perkiraan susunan pemain
Arema FC: Kurniawan Kartika Ajie, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Johan Alfarizie, Alfin Tuasalamony, Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi, Makan Konate, Dendi Santoso, Ricky Kayame, Dedik Setiawan
Pelatih: Milo Seslija

Persebaya Surabaya: Abdul Rohim, Ruben Sanadi, Novan Setya Sasongko, M. Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama Pranata, Misbakhus Solikin, Damian Lizio, Manu Dzhalilov, Irfan Jaya, Amido Balde
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Prediksi JawaPos.com
Arema menang: 30%
Persebaya menang: 20%
Imbang: 50%

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Muhammad Syafaruddin


Close Ads