alexametrics

Persebaya Pasrah Andai Kehilangan Makan Konate dan David Da Silva

4 Desember 2020, 21:39:13 WIB

JawaPos.com – Makan Konate dan David da Silva masih terikat kontrak dengan Persebaya Surabaya. Namun, dua pemain asing itu bisa saja hengkang dalam waktu dekat. Sebab, kabarnya, mereka diminati tim asal Malaysia Terengganu FC.

Konate maupun Da Silva belum mau buka suara soal kemungkinan hengkang. Tapi, peluang untuk meninggalkan Persebaya terbuka. Alasan yang paling logis tentu saja pemangkasan gaji yang cukup besar. Saat ini, Persebaya hanya mampu membayar gaji pemain sebesar 12 persen.

Manajemen Persebaya sadar dua pemainnya tersebut bisa saja lepas. Lalu, apakah manajemen ingin mempertahankan dua pemain itu? ’’Kami bersikap realistis saja (soal mempertahankan Konate dan Da Silva). Situasi sepak bola Indonesia yang penuh ketidakpastian bukan kondisi ideal bagi klub dan pemain,’’ jelas Manajer Persebaya Candra Wahyudi saat dihubungi Jawa Pos.

Artinya, manajemen tidak bisa menghalangi kalau Konate dan Da Silva ingin hengkang. Apalagi, besaran gaji 12 persen masih akan berlaku untuk bulan depan. Praktis, jika ada tawaran yang lebih menggiurkan, pemain bisa saja memilih pergi. Kalaupun Konate dan Da Silva akhirnya hengkang, Candra tidak menyalahkan dua pemain tersebut.

’’PSSI tidak bisa menjamin kompetisi jalan. Klub tidak bisa bikin perencanaan yang baik. Jadi, pemain tidak tahu kapan bermain lagi,’’ jelasnya.

Tidak pastinya kompetisi itu pula yang bisa membuat pemain tidak betah di Indonesia. Sebab, pemain juga butuh tampil di lapangan. Sementara itu, di Malaysia, kompetisi bisa berjalan.

Pelatih Persebaya Aji Santoso tahu ada tawaran bagi Konate dan Da Silva. Pelatih 50 tahun itu mengaku memaklumi kalau memang keduanya lebih memilih pindah.

’’Kami juga bisa memahami. Apalagi situasi sampai detik ini belum pasti kapan kompetisi berjalan lagi. Dan itu jelas jadi kendala bagi pemain-pemain,’’ terang Aji.
Dia menjelaskan, kontrak pemain akan berakhir akhir bulan ini.

’’Kalau misal mau meninggalkan Persebaya sebelum kontrak habis, tentunya harus melakukan komunikasi dengan manajemen. Karena pasti ada hal yang harus diselesaikan,’’ tambah mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Tapi, Aji tidak tahu bagaimana keputusan Konate dan Da Silva soal tawaran dari klub Malaysia.

Sejatinya, Candra maupun Aji ingin mempertahankan dua pemain tersebut. Apalagi, Konate dan Da Silva merupakan pemain penting di skuad Green Force, julukan Persebaya.

Keduanya selalu jadi pilihan utama di setiap laga. Konate bahkan menjabat kapten Persebaya musim ini. ’’Tapi, kalau mereka (Konate dan Da Silva) menerima pinangan klub lain setelah kontrak selesai, ya tidak ada masalah,’’ kata Aji.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c17/ali


Close Ads