alexametrics
Piala Presiden 2019

Prediksi Arema vs Kalteng Putra: Tantangan Masalah Kebugaran

2 April 2019, 08:18:45 WIB

JawaPos.com – Lolosnya Arema FC ke babak semifinal Piala Presiden 2019 bukan tanpa kendala. Pasalnya, mereka mendapat waktu istirahat lebih sedikit dibanding sang lawan, Kalteng Putra. Masalah kebugaran bisa menjadi poin krusial dalam laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Selasa (2/4) pukul 19.00 WIB nanti.

Malam nanti tim berjuluk Singo Edan tersebut akan melakoni duel leg pertama babak semifinal Piala Presiden 2019 kontra Kalteng Putra di Stadion Kanjuruhan. Ini menjadi pertemuan pertama bagi kedua tim. Sebab musim lalu keduanya berada di tingkat kompetisi yang berbeda.

Masalahnya, Arema FC mendapatkan waktu recovery yang minim. Hanya dua hari. Keuntungan jelas didapat tim tamu yang memiliki waktu istirahat selama empat hari. Tentu itu sangat berpengaruh dalam performa tim.

arema vs kalteng putra
Kalteng Putra punya keuntungan lebih lama beristirahat. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

”Kami berada di situasi yang sangat berat. Lawan akan lebih fresh karena punya istirahat lebih banyak. Tapi hari ini (kemarin, Red) kami telah maksimalkan latihan dan mencoba menganalisis kekuatan lawan,” kata pelatih Arema FC Milomir Seslija.

Namun, pelatih yang kerap disapa Milo tersebut tetap ingin anak asuhnya berkerja keras. Mau tidak mau harus menang. Karena itu akan lebih memudahkan langkah mereka saat melakoni leg kedua di Stadion 17 Mei Banjarmasin, 5 April mendatang.

”Akan sangat disayangkan apabila kami kalah di babak semifinal. Sebab kalau kami masuk final kemungkinan laga akan lebih mudah. Harus meminimalkan kesalahan dan tidak membuat pelanggaran di sekitar kotak penalti,” kata mantan pelatih Madura United tersebut.

Pada bentrok nanti malam, Singo Edan diprediksi tidak bisa turun dengan kekuatan penuh. Sebab gelandang Pavel Smolyachenko serta bek tengah Arthur Cunha dalam kondisi kurang fit. Striker Robert Lima juga harus istirahat selama dua pekan lantaran mengalami cedera otot betis kirinya.

”Masih kami cek masalahnya seperti apa. Hari ini (kemarin, Red) akan kami lihat hasilnya. Tetapi saya tidak khawatir karena masih ada pemain lain yang kami punya,” kata pelatih asal Bosnia tersebut.

Ya, untuk posisi gelandang Arema FC masih mempunyai nama Hendro Siswanto serta Jayus Hariono yang kualitasnya tidak perlu diragukan. Namun untuk Arthur agaknya akan sedikit dipaksakan. Sebab saat ini bek tengah pelapis Arema dirasa masih kurang mumpuni. Kemudian untuk striker, Dedik Setiawan akan diplot sebagai target man.

Di sisi lain, meski diuntungkan dengan masa recovery yang lebih panjang, Kalteng Putra tak mau gegabah. Pelatih Kalteng Putra Gomes de Oliveira meminta tim asuhannya tidak meremehkan Arema. Menurutnya, apapun kondisi yang ada saat ini, Arema tetaplah tim yang berbahaya.

”Mereka tim yang kompak, punya organisasi yang disiplin. Defensif Arema juga sangat baik. Tidak boleh malas, harus terus lawan. Harus berikan hasil yang terbaik lawan siapapun dan di manapun,” kata pelatih asal Brasil tersebut.

5 Pertandingan Terakhir Arema
30/03/19: Bhayangkara 0-4 Arema
13/03/19: Arema 6-1 Persita
09/03/19: Persela 1-0 Arema
04/03/19: Arema 3-2 Barito Putera
22/02/19: Arema 2-2 Persib

5 Pertandingan Terakhir Kalteng Putra
28/03/19: Persija 1-1 Kalteng Putra
16/03/19: Persipura 1-3 Kalteng Putra
10/03/19: Kalteng Putra 0-1 PSIS Semarang
06/03/19: PSM 0-1 Kalteng Putra
03/02/19: PSM 1-0 Kalteng Putra

Perkiraan susunan pemain
Arema FC (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie; Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Johan Alfarizi; Hanif Sjahbandi, Hendro Siswanto, Makan Konate; Dendi Santoso, Rivaldi Bawuo, Dedik Setiawan
Pelatih: Milomir Seslija

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih; Wasyiat Hasbullah, Rafael De Jesus, O.K John, Bobby Satria; Fajar Handika, I Gede Sukadana, Pandi Ahmad Lestaluhu; Ferinando Pahabol, Diogo Capos Gomes, Eliazer Maran
Pelatih: Gomes de Oliveira

Prediksi JawaPos.com
Arema menang: 45%
Kalteng menang: 35%
Imbang: 20%

Editor : Agus Dwi W

Reporter : (nia)


Close Ads
Prediksi Arema vs Kalteng Putra: Tantangan Masalah Kebugaran