alexametrics
Jerman 2-2 Hungaria

Lolos ke 16 Besar Sebagai Runner-up Grup F, Jerman Bertemu Inggris

Euro 2020
24 Juni 2021, 04:28:54 WIB

JawaPos.com – Jerman yang pada laga pertama Grup F kalah 0-1 dari Prancis, akhirnya berhasil melaju ke babak 16 besar Euro 2020. Itu setelah pada laga pamungkas bermain imbang 2-2 melawan Hungaria, Kamis (24/6) dini hari WIB di Stadion Allianz Arena, Muenchen.

Hasil imbang membuat Der Panzer – julukan Timnas Jerman, hanya duduk sebagai runner-up Grup F di bawah Prancis. Di babak 16 besar, tim asuhan Joachim Loew tersebut bakal bertemu Inggris. Duel klasik yang layak untuk dinanti.

Sementara itu, Prancis menjadi juara Grup F usai bermain imbang 2-2 melawan Portugal pada saat bersamaan. Prancis meladeni Swiss di babak 16 besar. Sedangkan Portugal juga lolos ke 16 besar dengan status tim peringkat ketiga terbaik dan akan melawan Belgia.

Terlepas dari itu, lolosnya Jerman terbilang dramatis. Mereka butuh gol pada menit 84 lewat Leon Goretzka untuk memastikan tiket babak 16 besar. Maklum saja, hingga menit 83, Jerman masih tertinggal 1-2 dari Hungaria. Andai skor tak berubah, Jerman tersingkir. Sementara, Hungaria yang berada di posisi ketiga dan juara grup Prancis, disusul Portugal sebagai runner-up.

Namun, gol Goretzka pada menit 84 menjadi penyelamat Jerman. Kendati gagal menang dan hanya bermain imbang, sudah cukup untuk membawa mereka melaju ke 16 besar.

Jerman memang tampil kurang meyakinkan kendati bermain di depan publik sendiri. Gawang Manuel Neuer sudah kebobolan cepat pada menit 11 lewat sundulan Adam Szalai memanfaatkan umpan Roland Sallai. Jerman kesulitan untuk mencetak gol pada babak pertama.

Gol penyama kedudukan Jerman baru datang pada menit 66 lewat sundulan Kai Havertz, umpan dari Mats Hummels. Namun, hanya selang 2 menit, tepatnya menit 68, Hungaria kembali unggul lewat gol Andras Schafer usai memanfaatkan umpan Szalai.

Upaya Jerman untuk mencetak gol terus dilakukan. Namun, semuanya gagal membuahkan hasil hingga menit 83. Dan, Goretzka muncul sebagai penyelamat lewat golnya pada menit 84. Gol itu membuat para pemain Jerman kegirangan, sementara pemain Hungaria tertunduk lesu. Hingga laga berakhir, skor 2-2 tidak berubah. Jerman lolos ke 16 besar sebagai runner-up Grup F dan Hungaria tersingkir.

Jerman 2-2 Hungaria
(Havertz 66, Goretzka 84 – Szalai 11, Schafer 68)

SUSUNAN PEMAIN
Jerman: Manuel Neuer, Antonio Rüdiger, Matthias Ginter, Mats Hummels, Robin Gosens (Musiala 82′), Joshua Kimmich, Kai Havertz (Mueller 68′), Toni Kroos, İlkay Gündoğan (Goretzka 58′), Serge Gnabry (Werner 68′), Leroy Sané
Pelatih: Joachim Loew

Hungaria: Péter Gulácsi, Attila Szalai, Attila Fiola (Nikolic 88′), Willi Orban, Loïc Négo, Endre Botka, Ádám Nagy, András Schäfer, László Kleinheisler (Lovrencsics 89′), Roland Sallai (Schon 75′), Ádám Szalai (Varga 82′)
Pelatih: Marco Rossi

Editor : Edy Pramana

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads