alexametrics

Beberapa Nama Besar Masih Punya Gairah Besar di Olimpiade

19 Juli 2021, 17:29:50 WIB

JawaPos.com – Piala Dunia dan turnamen level kontinental dianggap menjadi turnamen paling bergengsi buat tim nasional. Sementara meraih emas sepak bola di Olimpiade sering kali dilihat bukan capaian besar.

Kalau tak percaya, lihat bintang Lionel Messi baru dipandang ”berbakti bagi negara” setelah membantu Argentina juara Copa America 2021. Kontribusi Messi dalam medali emas buat Albiceleste (julukan Argentina) di Olimpiade 2008 tak dihitung.

Meski demikian, beberapa nama yang dipanggil timnas buat turun di Olimpiade masih menunjukkan gairah yang besar untuk berprestasi. Sebut saja striker senior Prancis Andre-Pierre Gignac dan Max Kruse dari Jerman.

Dua striker itu sama-sama pernah menghuni skuad utama untuk Piala Dunia atau Euro. Gignac kali terakhir tampil di kualifikasi Piala Dunia 2018 pada 2016. Sedangkan Kruse setahun lebih lama ketika tampil di kualifikasi Euro 2016 setahun sebelumnya.

”Ketika saya memberi tahu mereka tentang proyek ini, mereka hanya berpikir lima detik. Mereka juga tidak butuh waktu lama untuk saling klik,” ucap entraineur Prancis Sylvain Ripoll kepada AFP soal kesediaan Gignac dan wide attacker Florian Thauvin bergabung dengan tim Olimpiade.

Keberadaan Thauvin menjadi salah satu faktor penarik buat Gignac. Dua pemain itu pernah dan saat ini bekerja dalam tim yang sama. Yakni, Olympique Marseille (OM) pada 2013–2015 dan Tigres UNAL.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : io/c19/dra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads