JawaPos Radar

PIMNAS Ke-31 di Jogja, Karya Mahasiswa Diharap Bisa Dikembangkan

02/09/2018, 00:09 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Penutupan Pimnas
PIMNAS ke-31 ditutup di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (1/9) (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Diselenggarakan 4 hari lamanya, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ditutup pada Sabtu (1/9) malam. Diharapkan agenda tahunan yang menyaring karya terbaik mahasiswa ini bisa dikembangkan untuk bisa dimanfaatkan secara luas.

Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ainun Na'im mengatakan, banyak gagasan dan inovasi karya dari para peserta yang dihasilkan. "Kami harapkan tidak berhenti di PIMNAS saja," katanya, Sabtu (1/9) malam, di GOR UNY.

Di Kemenristekdikti, selain Direktorat Jenderal yang mengurusi tentang pembelajaran juga ada penelitian dan pengembangan, dan ilmu pasti.

"Dalam penelitian dan pengembangan dan ilmu pasti, ada program atau kegiatan untuk memfasilitasi lebih ide hasil penelitian. Supaya dapat dilanjutkan agar dimanfaatkan masyarakat serta kreatif industri," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNY Sutrisno Wibawa menambahkan, PIMNAS ke-31 yang digelar ini bertema 'Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berlandaskan Ketakwaan, Kemandirian, dan Kencendekiaan dalam Bingkai Kebhinnekaan'. Dirinya berharap kegiatan PIMNAS dapat bermanfaat bagi seluruh pihak.

"Semoga dapat dijadikan wahana pembelajaran bagi kita. Terutama kepada mahasiswa peserta PIMNAS," katanya.

Sutrisno menambahkan, dari 800 proposal karya ilmiah, hanya 440 saja yang masuk menjadi peserta PIMNAS ke-31 ini. Diikuti oleh 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi yang dilombakan dalam 7 bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up