alexametrics

Ketua APJII: Pengguna Internet di Indonesia Tembus 200 Juta Orang

16 Mei 2022, 21:29:23 WIB

JawaPos.com – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) berkomitmen memperkuat ekonomi digital di Indonesia. Sejak terbentuk pada 1996 lalu, APJII terus bekerja memajukan infrastruktur internet di Indonesia.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan, pihak bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan internet. Salah satu program yang dilaksanakan adalah Indonesia Internet Exchange (IIX) yang memungkinkan jaringan internet lebih cepat sampai ke pelosok daerah.  ’’Semakin banyak masyarakat bisa mengakses internet cepat, semakin bagus untuk percepatan ekonomi digital,” kata Arif kepada wartawan, Senin (16/5).

Arif menilai, Indonesia mempunyai potensi ekonomi digital yang sangat besar seiring dengan pertumbuhan pengguna internet dari tahun ke tahun. Kini jumlahnya sudah lebih dari 200 juta orang.

Jumlah pengguna yang sangat besar tersebut, kata Arif, harus didukung dengan internet yang berkualitas. Dengan begitu, masyarakat bisa memanfaatkan internet sebagai bisnis dan pada akhirnya meningkatkan perekonomian digital Indonesia. ’’Dengan begitu juga kita bisa bersaing secara global,” jelasnya.

Masa depan perekonomian global ada di ranah digital. Maka, kata Arif, Indonesia akan menjadi negara maju jika mampu menguatkan perekonomian digital. ’’Kita sudah dipercaya secara global jadi pemimpin forum bisnis 20 (B20) di G20. Potensi untuk ekonomi digital kita semakin besar,” imbuh Arif.

APJII selalu siap bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai pihak untuk memperkuat ekonomi digital di Indonesia. APJII pun terus membuat program-program meningkatkan infrastruktur internet di negeri ini. ’’26 tahun kami bekerja, itu belum selesai. Kami akan terus berusaha memasyarakatkan internet berkualitas di negeri ini,” ucap Arif. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads