alexametrics

Google dan Apple Depak Fortnite karena Alasan Ini

14 Agustus 2020, 15:11:39 WIB

JawaPos.com – Belum lama ini, game Fortnite dari Epic Games dikabarkan didepak dari toko aplikasi Apple, App Store. Tak lama setelahnya, game bergenre First Person Shooter (FPS) itu juga dilaporkan ditendang juga oleh Google dari toko aplikasi Play Store.

Hal ini terjadi setelah Epic meluncurkan pembaruan pada Kamis (13/8) lalu. Pembaruan tersebut memungkinkan para gamers Fortnite membayar atau membeli item dalam aplikasi Epic secara langsung untuk pembelian dalam aplikasi, alih-alih melalui Apple dan sistem pembelian Google yang ada seperti sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, kedua perusahaan mengharuskan aplikasi di toko masing-masing untuk membayar potongan 30 persen dari sebagian besar transaksi atau revenue sharing. Apple yang pertama melawan, menendang Fornite dari iPhone dan iPad App Store.

Sekarang Google juga dilaporkan mengikuti dan telah menendang game tersebut dari Play Store-nya. Hal ini juga telah disampaikan langsung oleh akun @FortniteGame di Twitter resmi mereka dan mengatakan bahwa aplikasi Fortnite kini tak lagi tersedia di Google Play Store.

Terkait dengan ditendangnya Fortnite oleh Google, seorang juru bicara Google mengatakan kepada Business Insider bahwa ekosistem Android terbuka memungkinkan pengembang mendistribusikan aplikasi melalui beberapa toko aplikasi. Dikatakannya, untuk pengembang game yang memilih untuk menggunakan Play Store, pihaknya memiliki kebijakan yang konsisten yang adil untuk pengembang dan menjaga keamanan toko bagi pengguna dan menyebut Fortnite telah melanggar kebijakan.

“Sementara itu Fortnite tetap tersedia di Android, kami tidak dapat lagi menyediakannya di Play Store karena melanggar kebijakan kami. Namun, kami menyambut baik kesempatan untuk melanjutkan diskusi kami dengan Epic dan membawa Fortnite kembali ke Google Play,” ungkapnya dilansir pada Jumat (14/8).

Fortnite juga tersedia untuk diunduh di Android langsung melalui situs web Epic sendiri. Faktanya, untuk sementara waktu, begitulah pengguna Android harus mengakses game hingga April lalu ketika Epic akhirnya memutuskan untuk bermain dengan aturan Google dan membawa game itu kembali ke Play Store.

Saat ini, semua pengguna Android masih bisa mengunggah game tersebut langsung dari Epic, sementara pemilik smartphone Samsung bisa mendapatkannya dari Galaxy Store.

Sementara itu untuk Apple, mereka juga menghapus Fornite karena dinilai telah melanggar pedoman in-app payment (pembayaran di dalam aplikasi) perusahaan. Apple menyebut fitur pembayaran langsung yang dirilis di Fortnite pada Kamis pagi (13/8) sebagai sebuah pelanggaran. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads