alexametrics

FSGI Sebut Nadiem Menteri Pendidikan Jarak Jauh

30 Juli 2020, 05:00:43 WIB

JawaPos.com – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim meminta agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim turun ke lapangan melihat kondisi pendidikan secara nyata di Indonesia.

Kata dia, menteri milenial ini sangat jarang berkomunikasi dengan masyarakat. Bahkan, saat pandemi ini, baru sekali dia turun ke lapangan, itu juga ketika mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin ke SMAN 4 Sukabumi, Jawa Barat terkait persiapan pembukaan sekolah di masa pandemi Covid-19.

“Saya melihat Mas Menteri memang tidak turun ya, turunnya hanya sekali. Itu pun karena ada wakil presiden yang pergi, jadi ikut wakil presiden, mau ngga mau ya harus ikut wakil presiden,” ujarnya dalam diskusi daring, Rabu (29/7).

Menurut dia, sistem komunikasi Nadiem seperti pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak menyentuh kebutuhan daripada masyarakat itu sendiri. “Mas Menteri selama PJJ ini lebih banyak memerintah dengan metode PJJ juga, jadi saya mengatakan, Mas Menteri kita ini menteri pendidikan jarak jauh karena memerintahnya dari jarak jauh juga,” terang dia.

Dirinya pun mengharapkan Nadiem untuk lebih merakyat, berkomunikasi dengan guru dan murid yang mengalami hambatan dalam pembelajaran di tengah pandemi. Dengan begitu, perlahan-lahan, pendidikan Indonesia pun juga akan kembali pulih.

“Kami berharap Mas Menteri jangan sampai menjadi menteri pendidikan jarak jauh, karena apa, pendidikan itu filosofisnya menghilangkan jarak, bukan menjauhkan atau membuat jarak,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads