alexametrics

Pekan Ini Narapidana Terorisme Abu Bakar Ba’asyir Hirup Udara Bebas

4 Januari 2021, 15:24:20 WIB

JawaPos.com – Terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir bakal menghirup bebas pada Jumat (8/1). Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Densus 88 Antiteror sebelum akhirnya resmi keluar dari jeruji besi.

“Bahwa yang bersangkutan akan dibebaskan pada 8 Januari 2020 sesuai dengan tanggal ekspirasi atau berakhirnya masa pidana,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti dalam keterangannya, Senin (4/1).

Abu Bakar Ba’asyir merupakan narapidana yang menjalani masa pidana di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur atas tindak pidana terorisme atau melanggar Pasal 15 jo. 7 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003. Dia divonis pidana penjara selama 15 tahun.

Baca juga: Tak Hadir ke PN Jaksel, Rizieq Shihab Diperiksa Terkait Kasus RS UMMI

Ba’asyir merupakan pendiri Jemaah Islamiyah dan pernah terkait berbagai aksi terorisme di Indonesia, salah satunya terlibat bom bali dan bom Hotel JW Marriot pada 2004.

Karena itu, Ditjen PAS berkoordinadi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Densus 88 Antiteror dalam pembebasan Abu Bakar Ba’asyir. “Berkoordinasi juga dengan pihak keluarga dan pihak-pihak terkait,” pungkas Rika.

Seperti diketahui, Ba’asyir sempat mendapt wacana akan dibebaskan karena faktor usia dan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Dia diminta Pemerintah untuk berikrar setia kepada NKRI. Namun hal ini ditegaskan Pemerintah pada 2019 lalu, belum memberikan wacana pembebasan untuk Ba’asyir

Pendiri Jamaah Islamiyah Abu Bakar Ba’asyir divonis 15 tahun Penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2011 lalu. Ba’asyir terbukti terlibat pelatihan mikiter kelompok teroris di Aceh.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads