alexametrics

Intip 5 Koleksi Perhiasan yang Terinspirasi dari Destinasi Nusantara

28 April 2021, 10:01:08 WIB

JawaPos.com – Ada berbagai cara untuk mengekspresikan keindahan dan kekayaan alam Nusantara. Salah satunya lewat perhiasan. Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nur Asia Sandiaga Uno, ikut mendukung perhiasan berbasis Nusantara ini bersama Passion Prive bertajuk Permata Nusantara. Berkolaborasi dengan seorang pelukis dan Founder dari Yulindra Gallery, Yulie Nasution, serta Nur Asia Sandiaga Uno, perhiasan tersebut dihadirkan untuk melestarikan budaya Indonesia.

Detailnya, kelima koleksi itu menggunakan material kombinasi Rose Gold, Yellow Gold, dan White Gold 18k dengan kilau berlian yang menjadi unggulan dari Passion Privé. Menurut Nur Asia, keindahan karya seni dalam sebuah desain yang bertemakan 5 destinasi prioritas ini menjelajahi destinasi seperti Danau Toba (Sumatera Utara), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Likupang (Sulawesi Selatan), Borobudur (Jawa Tengah) dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).

“Saya juga mengapresiasi karena hasilnya nanti juga disisihkan untuk para pengrajin ekonomi kreatif atau pelaku industri kreatif tentunya,” kata Nur Asia di Jakarta baru-baru ini.

Seperti apa perhiasan tersebut?

1. Danau Toba
Koleksi pertama adalah Danau Toba yang terinspirasi dari indahnya danau yang memiliki pulau di tengahnya. Danau yang terletak di provinsi Sumatera Utara ini terbentuk dari letusan dahsyat gunung Toba sekitar 74.000 tahun lalu. Danau Toba merupakan danau raksasa yang memiliki pesona nan elok.

Keindahan Danau Toba digambarkan sangat detail pada koleksi Permata nusantara ini. Koleksi Danau Toba memiliki perpaduan bahan berlian dan manik-manik hitam. Desain pada liontin ini terinspirasi dari beberapa motif khas Danau Toba yang etnik. Nampak pula seni ukir Gorga Singa-Singa yang menggambarkan kekuatan dan wibawa.

2. Borobudur
Koleksi kedua adalah Candi Borobudur yang menggambarkan kemegahan candi Buddha di kota Magelang, Jawa Tengah. Borobudur merupakan candi atau kuil Buddha dan monumen Buddha terbesar di dunia.

3. Likupang
Bentuk kalung dan liontin dari koleksi yang satu ini memiliki motif ombak, terinspirasi dari kekayaan alam Likupang, terutama keindahan lautnya. Likupang merupakan kecamatan yang menjadi daerah wisata di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Likupang memiliki kawasan pesisir berpasir putih yang indah. Dalam koleksi ini, motif ombak bergabung dengan motif kerancang batik khas dari tempat wisata di Sulawesi Utara ini. Koleksi Likupang menggunakan material berlian yang lebih indah, elegan, dan mewah.

4. Labuan Bajo
Koleksi keempat adalah Labuan Bajo dengan material berlian dan mutiara hitam dari hasil laut Nusa Tenggara Timur (NTT). Labuan Bajo adalah surga tersembunyi di Indonesia Timur dengan keindahan alam yang menakjubkan dan purba mendunia, Komodo.
Labuan Bajo memiliki deretan pulau eksotis, keragaman hayati bawah laut, dan pantai yang sangat indah. Liontin dari koleksi ini terinspirasi dari perhiasan khas NTT, yaitu Mamuli dengan bentuk kipas.

5. Mandalika
Mandalika adalah kawasan wisata di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata pada 2017. Sejarah dari tempat wisata ini adalah cerita rakyat setempat tentang putri yang memiliki wajah cantik dan sifat baik bernama putri Mandalika.

Desain kalung koleksi ini terinspirasi dari selendang Putri Mandalika, tokoh legenda dari daerah setempat. Bentuk selendang ini digabungkan dengan diamond dan kerancang, motif batik yang khas dari pulau Lombok.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads