alexametrics

Cara Mudah Cegah Rambut Rontok dengan Ubah 5 Gaya Hidup

9 Februari 2021, 12:00:20 WIB

JawaPos.com – Sebagian orang mengalami masalah rambut rontok. Sudah mencoba berbagai macam sampo atau pergi ke salon, namun masalah rambut rontok tak kunjung bisa diatasi.

Berbicara dengan Express, Ahli Kesehatan dr. Deborah Lee dari Dr.Fox Online Pharmacy membahas beberapa perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Sekitar 50 persen pria melaporkan rambut rontok pada usia 50 tahun, yang menyebabkan kepercayaan diri mereka turun. Rambut rontok pada pria dan perempuan dapat mengakibatkan efek psikologis yang signifikan.

Menurut dr. Lee, adalah ide yang baik untuk mencoba dan melakukan semua yang bisa dilakukan untuk mendukung pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut lebih lanjut. Dia memberi saran lakukan lima perubahan gaya hidup untuk merangsang pertumbuhan rambut sehat seperti dilansir dari Science Times, Selasa (9/2).

Baca Juga: Lawan Masalah Rambut Rontok dengan 10 Jenis Sayuran

Makan Diet Seimbang

Mulailah dengan membuat perubahan gaya hidup dasar. Yaitu dengan pola makan yang seimbang. Menurut dr. Lee mengonsumsi makanan lengkap yang kaya antioksidan sangat erat kaitannya dengan meminimalisasi penuaan. Oleh karena itu juga terkait dengan pengurangan rambut rontok. Makanan yang kaya antioksidan antara lain brokoli, cokelat hitam, bayam, blueberry, kangkung, raspberry, dan banyak lagi lainnya.

Konsumsi Multivitamin

Sebuah tinjauan di Dermatology and Therapy menunjukkan bahwa peran vitamin dan mineral dalam mencegah rambut rontok masih belum jelas. Tetapi kekurangan vitamin telah diidentifikasi sebagai faktor risiko rambut rontok. Menurut dr. Lee bahwa memiliki tingkat vitamin B, D, dan zat besi yang rendah dapat menyebabkan rambut lemah dan rambut rontok. Sumber makanan yang kaya vitamin dan mineral ini dapat membantu mencegah kerontokan.

Medical News Today melaporkan bahwa beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu termasuk selenium, seng, zat besi, vitamin A, B, C, D, dan E. Tetapi para ahli menyarankan bahwa mereka yang berencana untuk mengonsumsi multivitamin harus berbicara dengan dokter mereka terlebih dahulu untuk mendapatkan produk terbaik.

Berolahraga Secara Teratur

Pusat Kesehatan Nasional (NHS) Inggris merekomendasikan setidaknya 150 menit olahraga dengan intensitas sedang dalam seminggu, atau setara dengan 75 menit latihan intensitas tinggi dalam seminggu seperti laporan Express. Olahraga dapat mencakup tugas-tugas sederhana, seperti bersih-bersih, atau pelatihan lari maraton. Menurut dr. Lee olahraga membantu memerangi stres, yang dapat memperburuk kerontokan rambut. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Kurangi Asupan Alkohol dan Berhenti Merokok

Menurut dr. Lee alkohol tidak secara langsung menyebabkan kerontokan rambut, tetapi minum alkohol dalam jumlah banyak dapat menyebabkan nutrisi umum yang buruk dan mencegah penyerapan nutrisi yang tepat di dalam usus. Sehingga dapat berdampak buruk pada kesehatan dan pertumbuhan rambut. Selain itu, merokok tidak disarankan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Rambut seorang perokok cenderung lebih lembut, rapuh dan membuat rambut berubah menjadi abu-abu.

Rawat Rambut dengan Baik

Terakhir, merawat rambut memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Hindari penggunaan pewarna keras, pewarna, dan bahan kimia rambut lainnya karena dapat merusak rambut. Menurut Dr. Lee penggunaan sampo bebas sulfat, menggunakan banyak kondisioner rambut, dan memijat kulit kepala bisa membuat rambut dan kulit kepala sehat. Dia juga menyarankan agar tidak terlalu sering menggunakan pengering rambut panas, dan menyisir rambut basah.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads