alexametrics

2 Penyebab Utama Mengapa Usai Vaksinasi Tetap Bisa Positif Covid-19

23 Februari 2021, 11:48:30 WIB

JawaPos.com – Usai vaksinasi, sejumlah tenaga kesehatan dan beberapa tokoh pejabat masih terinfeksi Covid-19. Hal itu bisa terjadi sebab vaksinasi bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus namun tak menutup celah risiko seseorang terpapar. Maka setelah divaksinasi, tetap wajib mematuhi protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, beberapa nakes dan tokoh mengalami infeksi sebelum mendapat vaksin yang kedua. Hal itu bisa terjadi karena beberapa faktor.

“Rasa prihatin atas beberapa kejadian nakes dan beberapa tokoh masyarakat yang diketahui (terinfeksi Covid-19, Red) setelah mendapatkan dosis pertama vaksinasi Covid-19. Sebagian besar nakes dan masyarakat yang mendapat vaksinasi pertama yang belum dapat suntikan kedua,” katanya kepada wartawan di Kemenkes, Senin (22/2).

Baca Juga: Survei: Banyak yang Tak Takut Covid, Banyak yang Enggan Divaksin

Menurut Nadia, Sinovac adalah vaksin berisi virus yang mati. Dipastikan ditentukan dosisnya untuk bisa disuntikkan sasaran vaksinasi.

“Vaksin ini tidak akan menimbulkan penyakit tapi mampu merangsang dan membuat tubuh kita untuk merespons antigen virus yang sudah dimatikan. Sehingga tubuh kita bisa memberikan antibodi kalau kita tertular virus Korona,” kata Nadia.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads