JawaPos Radar

Cak Imin Siap Fasilitasi Dialog Ustad Abdul Somad dengan Tokoh NU

03/09/2018, 22:23 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Moh Mukit/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar siap memfasilitasi forum dialog antara Ustad Abdul Somad (UAS) dengan para tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Forum dialog itu ditujukan untuk mengakhiri kecurigaan masyarakat terhadap sosok UAS yang selalu dikait-kaitkan dengan organisasi terlarang, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Menurut Cak Imin, dialog itu sangat penting dilakukan. Karena, rencana dakwah oleh UAS terus mendapat penolakan oleh masyarakat di berbagai daerah. Padahal, Cak Imin menilai tidak ada yang salah terkait pemahaman UAS terhadap Pancasila dan NKRI.

"Karena itu perlu forum. Saya kira, saya mengundang Ustad Abdul Somad untuk bertemu tokoh-tokoh NU supaya terjadi dialog terbuka apa yang menjadi kecurigaan masyarakat tentang HTI," kata Cak Imin di Kantor PWNU Jatim, Surabaya, Senin (3/8) malam.

Selain UAS bisa memberikan klarifikasi atas berbagai tudingan itu, dalam forum itu nantinya bisa terbaca pola pikir UAS yang sebenarnya. Hal ini untuk membuktikan kepada masyarakat luas bahwa UAS benar-benar tidak ada kaitan apapun dengan HTI.

"Tentang pola pikir yang mungkin sudah dibantah Ustad Abdul Somad tapi belum mendapatkan dukungan merata di kalangan masyarakat," imbuhnya.

Sebelumnya, Cak Imin mengaku telah melakukan dialog dengan UAS. Dari dialog tersebut, tidak ada yang menyimpang dari pandangan UAS terkait Pancasila dan NKRI. Dalam pertemuan tersebut, UAS sudah memberikan penjelasan secara rinci mengenai isu tersebut.

"Beberapa waktu yang lalu menemui bersama pimpinan-pimpinan MPR dengan Ustad Abdul Somad. Pada prinsipnya, Ustad Abdul Somad punya pandangan yang sama tentang NKRI tentang kebhinekaan dan Pancasila," pungkasnya.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up