JawaPos Radar

Ratusan Santri di Malang Deklarasi Dukung Jokowi

01/08/2018, 14:24 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Deklarasi Jokowi
PILPRES: Ratusan santri di Kabupaten Malang, tumpah ruah di Lapangan Desa Talangsuko, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Rabu (1/8). (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ratusan santri di Kabupaten Malang, tumpah ruah di Lapangan Desa Talangsuko, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Rabu (1/8). Massa yang menamakan dirinya sebagai Laskar Santri ini menyatakan diri mendukung Jokowi sebagai Presiden RI dua periode. 

Para santri itu membawa beragam atribut. Misalnya saja karton bertuliskan 'Bapak Jokowi Bapak Santri' atau 'Kyai Panutanku, Jokowi Presidenku'.

Sebelum deklarasi, para santri mayoritas berusia remaja berasal dari pondok pesantren di Malang selatan mengawali dengan doa bersama untuk keselamatan bangsa. 

Deklarasi Jokowi
Massa yang menamakan dirinya sebagai Laskar Santri ini menyatakan diri mendukung Jokowi sebagai Presiden RI dua periode. (Tika Hapsari/JawaPos.com)

Koordinator Laskar Santri, Dahri Abdussalam, menjelaskan, animo pondok pesantren untuk menyatakan dukungan kepada Joko Widodo ini sangat bagus. Pasalnya, sebelumnya mereka hanya mengundang lima Ponpes saja. Namun sekarang, ada 12 pondok pesantren yang hadir. Jumlah perwakilan yang datang, total sekitar 600 orang. 

"Kami laskar santri menyatakan dukungan Jokowi dua periode," kata Dahri, usai deklarasi, Rabu (1/8). 

Dia mengaku, deklarasi dibuat sebagai pernyataan dari keinginan masyarakat, khususnya warga pesantren dalam mendukung kepemimpinan Jokowi selama dua periode.

Aliansi ini, juga bertujuan meluruskan fakta yang sebenarnya terjadi. Bahwa sesungguhnya kepemimpinan Joko Widodo sejak 2014 banyak menuntaskan program infrastruktur. Terutama di Papua. 

"Memang kepemimpinan Bapak Jokowi sangat pro aktif terhadap pondok pesantren dan sangat dekat dengan para ulama di negeri ini," imbuh Dahri. 

Dia menambahkan, laskar santri yang dipimpinnya tak semata hanya selesai dengan deklarasi dukungan kepada Jokowi memimpin Indonesia dua periode. Melainkan sebagai langkah awal terjun ke masyarakat dalam menyampaikan keberhasilan kepemimpinan Jokowi selama ini.

Penandatangan deklarasi dilakukan oleh masing-masing perwakilan pondok pesantren yang hadir, yang diakhiri pelepasan burung merpati sebagai penanda Jokowi tak pernah ingkar janji.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up