alexametrics

Kasus Kerumunan Massa Habib Rizieq, Polisi Periksa CCTV di Petamburan

19 November 2020, 17:45:00 WIB

JawaPos.com – Polda Metro Jaya masih mendalami kasus pelanggaran protokol kesehatan dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Guna melengkapi kontruksi hukum, penyidik memutuskan memeriksa rekaman CCTV di lokasi acara.

“Anggota masih terus mengumpulkan alat-alat bukti yang lain, termasuk juga di dalamnya adalah mengumpulkan alat bukti digital juga ada beberapa CCTV yang dikumpulkan termasuk memeriksa rekaman CCTV yang ada di sekitar daerah tersebut,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, kamis (19/11).

Dengan rekaman CCTV ini maka akan tergambar jelas bagaimana kondisi ril saat acara pernikahan dan Maulid Nabi Muhammad SAW berjalan. Rekaman itu kemudian akan menjadi pelengkap keterangan saksi dan barang bukti lainnya.

“Ini alat bukti yang dikumpulkan oleh para penyelidik untuk bisa melengkapi nanti. Kalau semuanya sudah lengkap baru nanti akan dilakukan gelar perkara awal, untuk menentukan apakah memang memenuhi untuk bisa naik ke penyidikan,” jelas Yusri.

Baca juga: FPI Sebut Rizieq Siap Diperiksa, Tapi Minta Kerumunan Gibran Ditindak

Sebelumnya, Polda Metro Jaya memeriksa sejumlah pihak dalam kasus kerumunan kelompok Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Total ada 10 saksi yang memenuhi panggilan penyidik pada Selasa (17/11). Namun, 1 orang batal diperiksa karena reaktif Covid-19 berdasarkan swab antigen.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihak yang batal diperiksa yakni Lurah Petamburan, Setiyanto. Sedangkan 9 orang lainnya saat ini masih menjalani proses pemeriksaan.

“Jadi sembilan sekarang ini sementara dilakukan pemeriksaan klarifikasi,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11).

Sedangkan 9 orang yang diperiksa yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta, Kepala KUA Tanah Abang, Camat Tanah Abang, RT, RW, dan Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads