JawaPos Radar

Hoax Formasi #2019GantiPresiden di UMM, Rektor: Kami Upayakan Hukum

08/09/2018, 21:45 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Hoax 2019GantiPresiden
HOAX: Hoax foto formasi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bermuatan politis. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Jagat dunia maya belakangan ini dihebohkan dengan foto formasi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bermuatan politis. Dengan latar belakang putih, dan tulisan merah berbentuk #2019GantiPresiden, foto ini dengan cepat menyebar di jagat dunia maya. Mulai Facebook, Twitter, Instagram hingga aplikasi WhatsApp.

Seolah-olah formasi ini resmi buatan UMM. Foto yang beredar juga lengkap dengan logo resmi dari kampus putih itu. 

Gambar ini menyebar usai perayaan penerimaan mahasiswa baru UMM, Senin (3/9). Setiap tahun, UMM memang membuat koreografi dari almamater warna merah UMM, atau yang disebut jas merah mob. Bentuknya juga beragam dan rumit. 

Foto Kegiatan UMM
ASLI: Formasi jas merah dari ribuan mahasiswa yang berbentuk rumit, ditampilan saat Pesmaba 2018. (dok. Humas UMM)

Mengenai hal ini, Rektor UMM, Drs Fauzan MPd menegaskan, bahwa formasi bermuatan politis ini bukan buatan mereka. Artinya, jas merah mob #2019GantiPresiden itu murni hoax

"Kami sudah membuat keterangan resmi, bahwa foto yang disebar di dunia maya itu hoax. Kami tidak membuat flashmob semacam itu," katanya, ketika menghubungi JawaPos.com, Sabtu (8/9). 

Keterangan resmi ini, lanjut Fauzan, juga sudah diunggah melalui akun media sosial milik UMM. Fauzan menjelaskan, pihaknya tengah menempuh upaya hukum. Bahkan, terduga pelaku yang mengedit dan menyebar foto hoax sudah dapat diidentifikasi oleh tim UMM. 

"Nanti itu tim hukum yang akan mengurus, yang jelas kami menempuh upaya hukum. Mungkin terduga pelaku itu ingin cari perhatian saja. Kebetulan momennya pas," beber mantan wakil rektor II itu. 

Sementara itu, kreator formasi jas merah mob UMM, Jamroji menyayangkan ulah oknum yang mengedit foto formasi sehingga bermuatan politis. "Kenapa harus diplesetkan yang mengarah ke persoalan politik. Apalagi ini menyangkut nama lembaga besar," katanya, Sabtu (8/9). 

Menurutnya, plesetan ini bisa mengarah ke fitnah. Dia menegaskan, bahwa formasi yang mereka bentuk adalah Merah Putih, KH Ahmad Dahlan, Student Today, Leaders Tomorrow, logo UMM, Peta Indonesia dan Pray for Lombok

"Yo jelas nggak ada (formasi #2019GantiPresiden). Kami masih punya etika kok," tegas dia.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up