alexametrics

Lupa Sahur Bisa Ganggu Gula Darah, Ini Saran Ahli

20 April 2021, 10:11:38 WIB

JawaPos.com – Selama Ramadan, asupan gizi harus terpenuhi. Maka seorang muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah makan sahur sebelum berpuasa. Tujuannya agar tubuh tidak lemas dan dehidrasi saat berpuasa. Lantas bagaimana jika lupa sahur atau kesiangan?

Anggota dari Dewan Penasihat Nutrisi (Nutrition Advisory Board) Herbalife Nutrition Ismet Tamer, M.D., mengatakan, jika seseorang lupa sahur maka bisa mengganggu kadar gula darah. Tak hanya dehidrasi, gula darahnya bisa drop dan lemas sepanjang hari.

“Menghindari makan saat sahur dapat menyebabkan masalah gula darah rendah yang serius dan dehidrasi keesokan harinya. Akibatnya, dapat menyebabkan pusing sepanjang hari,” katanya dalam buka puasa virtual Herbalife Nutrition Indonesia, Senin (19/4).

Baca Juga: Gibah atau Umpatan di Medsos Saat Puasa Dosanya Berlipat Ganda

Lantas, apa yang sebaiknya Anda makan saat sahur agar merasa lebih berenergi sepanjang hari? Dirinya menjelaskan sarapan ringan, sehat, dan mengenyangkan adalah pilihan yang bagus.

Sebelum matahari terbit atau imsak, Anda bisa mengonsumsi produk olahan susu dan sayuran segar seperti keju, telur, tomat, dan mentimun. Selain itu, selalu bisa menikmati sup, sayuran yang dimasak dengan minyak zaitun dan buah-buahan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads