alexametrics

Gibah atau Umpatan di Medsos Saat Puasa Dosanya Berlipat Ganda

19 April 2021, 04:21:35 WIB

JawaPos.com – Puasa bukan hanya mengendalikan makan dan minum tetapi juga menahan diri dari hawa nafsu. Salah satunya mengendalikan lisan dan perbuatan. Di era media sosial, lisan kita ternyata diwakili oleh jemari lewat kalimat saat mengetik gadget.

Imam Besar Masjid Cut Meutia Jakarta Pusat Ustadz Mahfud Mustofa, mengungkapkan, gibah lewat media sosial apalagi saat berpuasa, dosanya berlipat ganda. Sebab, kata dia, ujung-ujungnya umumnya saling membenci dan menyudutkan.

“Saya justru enggak bisa bikin medsos. Dan paling enggak suka melihat broadcast message lewat chat yang isinya saling membenci. Sesuatu yang menimbulkan kebencian orang lain kan dosa, enggak boleh,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Baca Juga: Selain Salat dan Puasa, Amalan Ini Bisa Datangkan Pahala Saat Ramadan

“Jadi kurang pas bagi orang berpuasa mengumbar main medsos. Apalagi sifatnya menghujat ya. Kecuali untuk kritik membangun untuk akhlak lebih baik,” jelasnya.

Menurutnya, sekalipun orang itu berbuat salah ataupun benar, bukan ranah seseorang untuk menilai. Tak boleh juga menjelekkan atau membela orang lain.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: