alexametrics

Aiptu Adek Punya Ambulans Gratis setelah 5 Tahun Bermimpi

22 Juli 2021, 07:48:11 WIB

Sejak lima tahun lalu, Aiptu Adek ingin memiliki ambulans sendiri untuk melayani masyarakat secara gratis. Keinginan itu muncul ketika anggota Polrestabes Surabaya tersebut kerap melihat masyarakat miskin yang tidak sanggup membayar ambulans. Niat baik itu akhirnya terwujud. Pada Juni lalu, Adek mendapatkannya.

LUGAS WICAKSONO, Surabaya

SEJAK 2016, saya berkeinginan punya ambulans sendiri untuk membantu orang yang tidak mampu. Saya pernah lihat orang tidak bisa bayar ambulans karena terlalu mahal,” ujar Adek.

Adek awalnya ingin membeli mobil Daihatsu Gran Max milik pengusaha secara kredit. Pengusaha itu lantas memberikan mobil tersebut begitu saja ketika tahu akan digunakan untuk ambulans. Mobil itu lalu dimodifikasi menjadi ambulans.

Alumnus Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Polri Jawa Timur angkatan 1997–1998 itu kemudian mengajak komunitasnya, Dikmaba Sembilan Delapan dan Sembilan Delapan Sepolwan (DSD SDS), untuk merombak mobil tersebut menjadi ambulans.

Adek menghubungi Iptu Marji Wibowo, Kanitreskrim Polsek Tegalsari yang menjabat ketua DSD. Niat Adek disambut baik oleh Marji. Sekitar 400 alumnus yang tergabung dalam komunitas dan tersebar di Jawa Timur berswadaya.

Setelah dua pekan dirombak, Daihatsu Gran Max itu berubah menjadi ambulans. Pekan lalu mobil tersebut mulai beroperasi. Adek dan kawan-kawan telah mengeluarkan Rp 45,4 juta untuk modifikasi dan pengoperasian. Uang itu berasal dari swadaya komunitas bintara dan donatur lain.

”Sehari bisa sampai mengangkut 6–7 kali. Kami 24 jam nonstop. Kami rute pendek Surabaya–Gresik, Surabaya–Sidoarjo, dan Surabaya–Bangkalan karena gratis,” katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c14/git

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads