alexametrics

Hotel Del Luna Jadi Drama Laris di Korea Selatan

Dunia Antara Hidup dan Mati
14 Agustus 2019, 12:30:56 WIB

JawaPos.com – Setiap janji harus ditepati. Karena ikrar yang dibuat sang ayah, seorang anak harus menggadaikan masa dewasanya demi membayar janji. Menjadi karyawan “ratu” dari dunia lain.

Setelah menghabiskan masa remaja di luar negeri, Koo Chan-sung (Yeo Jin-goo) kembali ke Korea. Tepat di usia 20 tahun. Sesuai dengan wasiat mendiang sang ayah yang meminta Chan-sung tinggal di luar negeri sebelum memasuki kepala dua. Namun, pada hari ulang tahunnya, dia justru mendapat kado tak terduga.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Chan-sung mendapat buket bunga misterius. Kado itu datang saat dia selesai wawancara kerja di sebuah hotel. Lalu, hal ganjil pun berdatangan pada hari ulang tahunnya. Saat perjalanan pulang, dia bertemu dengan Jang Man-wol (IU), perempuan yang selama ini ternyata tak pernah absen memberinya kado bunga pada hari lahirnya.

Yang tidak diketahui Chan-sung, Man-wol adalah pemilik penginapan para arwah, Hotel Del Luna, yang membuat kesepakatan dengan sang ayah. Setelah sempat berseteru, dia pun memberikan kado spesial buat Chan-sung. Hidupnya pun berubah. Dia jadi mampu melihat hantu. Parahnya lagi, dia harus bekerja di hotel milik Man-wol. Padahal, Chan-sung adalah penakut parah.

Hotel Del Luna merupakan dunia antara alias tempat buat para arwah di antara dunia hidup dan mati. Mereka terjebak lantaran ada perkara yang belum diselesaikan. Sebagai pemilik hotel, Man-wol memanfaatkan hal itu buat memungut bayaran tinggi dari para arwah penasaran yang belum juga menyelesaikan urusan mereka.

Perlahan, teka-teki pun bermunculan. Termasuk masa lalu Man-wol yang membuatnya terkena kutukan menjadi pemilik Hotel Del Luna untuk seribu tahun. Chan-sung-lah yang kelak bisa mengantarkan Man-wol lepas dari kutukan tersebut.

Dengan cerita mistis dan setting dunia arwah, Hotel Del Luna menjadi serial drama yang diminati. Cerita yang disajikan tiap episode pun bikin betah nonton. Kisah masa lalu si tokoh utama yang rumit dan panjang diimbangi dengan humor. Tokoh-tokoh pendukungnya juga punya ciri khas yang mengena.

Di Korea, drama baru tvN tersebut langsung mendapat sambutan positif. Rating-nya tak pernah di bawah 7 persen yang merupakan catatan bagus buat serial yang tayang di saluran TV kabel. Mengutip Good Data Corporation, IU dan Jin-goo selalu masuk tiga besar aktor dan aktris yang paling banyak dibicarakan (buzzworthy).

Hotel Del Luna pun sukses bersaing dengan drama Sabtu-Minggu. Drama tersebut bahkan lebih unggul daripada Arthdal Chronicles yang ”cuma” meraih 6,7 persen di episode finalnya. Kebetulan, episode ke-12 drama Song Joong-ki dan Kim Ji-won itu tayang bersamaan dengan premiere Hotel Del Luna.

Keberhasilan serial itu pun menjadi comeback manis buat penulis naskah Hong Mi-ran dan Hong Jung-eun. Sebab, karya terakhir duo yang dikenal sebagai Hong bersaudari tersebut pernah mendapat ulasan kurang oke. Pada 2017, drama mereka A Korean Odyssey -drama adaptasi kisah Tiongkok Journey to the West- mendapat ulasan negatif meski diminati di luar negeri.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Soompi/Yonhap News/fam/c19/jan



Close Ads