alexametrics

Ini Strategi Erick Dorong Unicorn Indonesia

29 September 2021, 11:12:56 WIB

JawaPos.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan mendorong perusahaan rintisan (Startup) raksasa unicorn Indonesia lebih banyak lagi. Tercatat, Indonesia sendiri memiliki 8 unicorn dengan valuasi USD 1 miliar. Jumlah tersebut masih di bawah Tiongkok dan Amerika Serikat.

“China ada 101 unicorn, di Amerika ada 207 unicorn, di kita baru 8, karena itu BUMN melihat mapping ini, strategi ini kita harus menjadi bagian yang mendorong ini,” ujarnya secara virtual, dikutip Rabu (29/9).

Erick menyebut, nantinya pemerintah melalui perusahaan pelat merah akan mendorong startup dari segi fasilitas infrastruktur, yang mana salah satunya melalui center dan cloud. Hal itu memaksa Telkom harus bertransformasi dan tidak hanya berfokus pada pendapatan saja.

“Kita harus hadir memastikan data center kita, cloud kita, jangan dimiliki asing semua. Kita harus menjadi bagian juga berkompetitif,” tuturnya.

Selain itu, Erick melanjutkan pengembangan jaringan fiber optik terus dilakukan. Ia memaparkan, konektivitas jaringan fiber optik Telkom Group mencapai 165.805 km. Apalagi, saat ini sudah diluncurkan 5G BTS di mana telah dilakukan pembangunan dan instalasi jaringan 5G di 9 kota di Indonesia.

Disisi lain, Erick menambahkan, pihaknya juga akan mendorong pendanaan untuk startup. Hal itu dilakukan melalui Perusahaan pelat merah seperti BRI Ventures, Mandiri Capital, MDI, TMI.

“Tetapi kita juga mau pastikan foundernya orang Indonesia, perusahaannya beroperasi di Indonesia, dan tentu karena ini korporasi, kita berharap tadi memiliki prospek untuk go public di Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini: